Andriyanto Johan Syah Datangi Korban Puting Beliung

0

PEMALANG (PuskAPIK) – Bencana alam angin puting beliung yang melanda wilayah kecamatan Pemalang kabupaten beberapa hari yang lalu menimbulkan duka mendalam bagi warga Pemalang.

Banyak warga kehilangan harta benda yang tidak sedikit jumlahnya. Mereka patut untuk dibantu masyarakat lainnya. Tak pelak rasa peduli warga Pemalangpun muncul dengan sendirinya. Banyak komunitas maupun pribadi menggalang dana untuk membantu mereka.
Seperti halnya Andriyanto Johan Syah, mendatangi lokasi bencana alam angin puting beliung di desa Bojongnangka kecamatan/kabupaten Pemalang, Senin (01/01).

Andriyanto yang Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PAN Dapil Jateng X, mendatangi warga korban angin puting beliung dilokasi penampungan pengungsian sebagai bentuk peduli terhadap warga, dengan tujuan sulaturahmi dan menggali permasalahan apa yang bisa diberikan solusi dan bantuan .

Kedatangab Andriyanto Johan Syah juga memberikan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung di Desa Bojongnangka, Tambakrejo dan Kelurahan Kebondalem. Bantuan berupa sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan, gula pasir dan air mineral tersebut diserahkan di posko penanganan korban bencana angin puting beliung di Madrasah Diniyah Miftakhul Ulum Desa Bojongnangka Kecamatan/kabupaten Pemalang.

Disampaikan Andriyanto Johan Syah bahwa dirinya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kepala desa, camat, BPBD, kepolisian dan TNI yang telah bergerak cepat membantu masyarakat yang terkena musibah. Untuk bantuan jangka pendek, Andriyanto juga mengharapkan bantuan dari semua masyarakat agar memberikan bantuan dalam bentuk makanan, pakaian layak pakai, obat-obatan dan lainnya sehingga kebutuhan jangka pendek bisa terpenuhi.

“Harapannya masyarakat bisa cepat pulih dengan bantuan jangka pendek ini,” jelas politisi PAN tersebut.

Untuk jangka menengah dan jangka panjang, lebih lanjut disampaikan dirinya akan berkoordinasi dengan Pemda Pemalang dan selain ttu Andriyanto akan memperjuangkan melalui dana CSR BUMN.

“Segera saya perintahkan kepada staff saya untuk berkoordinasi dengan Kementerian BUMN,” paparnya.

Andriyanto menambahkan bahwa koordinasi dengan Pemda setempat dimaksudkan agar bantuan yang diberikan nantinya tidak tumpang tindih. Oleh karenanya inventarisasi data rumah yang rusak agar benar-benar didata secara baik sehingga nantinya mereka bisa memperoleh bantuan semua

“Saya berharap bantuan dari Pemda maupun CSR BUMN bisa untuk memperbaiki fasilitas yang rusak yang ada di masyarakat, korban yang mengalami luka cepat sembuh, trauma cepat hilang sehingga akan pulih dan masyarakat bisa kembali beraktivitas normal seperti sedia kala,” jelas Andriyanto.

Sementara itu, Camat Pemalang Suhirman yang juga berada dilokasi menyampaikan, yang dibutuhkan korban saat ini disamping urusan dapur umum juga alat-alat lainnya seperti pakaian dan logistik makanan. Sedang ntuk jangka menengah merehabilisir kembali pasca bencana. Camat Pemalang juga menyampaikan bahwa warga yang rumahnya rusak parah diungsikan di Madrasah Diniyahb Miftahul Ulum dan di SDN 02 Bojongnangka serta sebagian di rumah warga/saudaranya.

“Tadi malam warga memilih menginap di madrasah dan sebagian ada yang ke saudaranya dengan alasan kenyamanan dan untuk mengurangi trauma,” terang Suhirman.

Pada kesempatan tersebut Andriyanto pria asli Pemalang yang biasa disapa AJS, berkesempatan meninjau rumah warga yang rusak akibat terpaan angin puting beliung. Didampingi Kepala Desa Bojongnangka Wahmu satu persatu mengunjungi warga yang rumahnya rusak. Bahkan Andriyanto juga menyapa mereka dan menyampaikan keprihatinan dan duka cita atas musibah tersebut.

Andriyanto juga sempat bertemu dengan Kepala BPBD kabupaten Pemalang H. Wismo, Kabag Ops dan Wakapolres Pemalang, Dandim 0711/ Pemalang dan sejumlah relawan yang tengah membantu memperbaiki rumah warga yang rusak.

Kepala Desa Bojongnangka Kecamatan Pemalang Wahmu menyampaikan terima kasih atas kesempatan anggota DPR RI Andriyanto Johan Syah datang ke desanya dikala sedang dirundung duka untuk memberikan bantuan.

“Terima kasih banyak kepada Bapak Andriyanto, semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban warga yang terkena musibah,” ujarnya singkat. (hape)