Forum Anak Kota Pekalongan Dikukuhkan

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

KOTA PEKALONGAN (PUSKAPIK)- Untuk menjamin pemenuhan hak-hak anak, Pemerintah Kota Pekalongan mengukuhkan Forum Anak Kota Pekalongan Periode 2020-2022

Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz, SE kepada 19 anggota pengurus Forum Anak Kota Pekalongan dari perwakilan sekolah dan kelurahan yang ada di Kota Pekalongan, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Kamis siang (13/2/2020). Sebagai ketua Forum Anak Kota Pekalongan dua tahun mendatang yaitu M. Alfian Dwi Cahya.

Hadir pada pengukuhan Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid,SE, Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan, Soesilo, SH, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan DPMPPA Kota Pekalongan, Nur Agustina Spsi,MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Drs Soeroso, MPd, Fasilitator LSM Setara Semarang, Yuli Sulistiyanto dan ratusan pelajar tingkat SMP dan SMA Kota Pekalongan.

Plt DPMPPA Kota Pekalongan, Soesilo,SH mengungkapkan,kepengurusan Forum Anak yang baru dikukuhkan ini sejumlah 19 orang dari perwakilan 15 sekolah dan berbagai kelurahan di Kota Pekalongan.

Para pengurus Forum Anak ini, lanjut Soesilo, selain dikukuhkan, mereka juga mendapatkan pengarahan mengenai kelembagaan Forum Anak dalam mewujudkan Kota Layak Anak, dukungan psikologi untuk mengatasi masalah anak, peran anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) serta kepengurusan Forum Anak.

“Mereka telah terpilih melalui proses seleksi dan kriteria yang ada dalam Forum Anak Kota Pekalongan. Keberadaan Forum Anak menjadi wadah pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan dengan keanggotaan dari berbagai kelompok anak,” tutur Soesilo.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz, SE menyampaikan, keberadaan Forum Anak ini sangat penting sebagai upaya mewujudkan dan penguatan Kota Pekalongan sebagai Kota Layak Anak yang pada tahun lalu telah mencapai di tingkat Madya. (YON)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini