Gunung Merapi Erupsi, Kolom Abu Capai 2.000 Meter

0
Gunung Merapi mengalami erupsi, Kamis (13/2/2020) pukul 05.16 WIB. FOTO/ISTIMEWA

JAKARTA (PUSKAPIK) – Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami erupsi, Kamis (13/2/2020) pukul 05.16 WIB. Tinggi kolom erupsi mencapai 2.000 meter

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo mengatakan, dari pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG)-PVMBG, erupsi berlangsung selama 150 detik.

“Gunung Merapi telah mengalami erupsi hari ini pukul 05.16 WIB, erupsi terjadi selama 150 detik. Tinggi kolom mencapai 2.000 meter,” kata Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, saat erupsi angin berhembus ke arah barat laut, namun saat ini angin berhembus tenang.

Gunung Merapi yang terakhir meletus hebat pada 2010 lalu saat ini masih berstatus level 2 atau Waspada sejak 21 Mei 2018. Pada level tersebut, PVMBG merekomendasikan warga atau pengunjung tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 km dari puncak gunung.

“Warga diharapkan untuk mampu mengantisipasi potensi abu vulkanik, awan panas maupun letusan eksplosif,” katanya.

Di samping itu, PVMBG mencatat potensi bahaya saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif. Demikian juga, potensi bahaya lahar, khususnya apabila terjadi hujan di sekitar puncak gunung.(FM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini