Pelajar SMP di Kota Pekalongan Digembleng Wawasan Kebangsaan

0
Seorang prajurit sedang memberikan Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Empat Pilar Kebangsaan di MTs Al Amin Kota Pekalongan, Jumat (7/2/2020). FOTO/PUSKAPIK/SURYONO

PEKALONGAN (PUSKAPIK) – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekalongan menggelar Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Empat Pilar Kebangsaan di MTs Al Amin Kota Pekalongan, Jumat (7/2/2020). Ini kali kelima tahun 2020 Kesbangpol Kota Pekalongan melakukan pembinaan di tingkat SMP sederajat.

Kepala Seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kota Pekalongan, Didik Purwoko menyampaikan, kegiatan ini menekankan wawasan kebangsaan dan empat pilar kepada para siswa agar semangat kebangsaannya tidak luntur. “Harapannya para siswa mengerti dan paham tentang wawasan kebangsaan sehingga dapat diterapkan pada keseharian siswa,” kata Didik.

Menurutnya, sebagai warga negara, para siswa harus mulai bertanggung jawab dan menanamkan nilai Pancasila. “Pembinaan ini efektif untuk mengurangi kenakalan remaja. Kami lakukan pembinaan karakter, jati diri, dan ideologi serta menekankan agar para siswa melakukan hal-hal positif. Mari lakukan hal positif, hindari hal negatif, dan teruslah berprestasi,” tutur Didik.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Pemkot Pekalongan, Soesilo hadir mewakili Wali Kota Pekalongan. Soesilo mengungkapkan, fakta dan fenomena yang berkembang saat ini menunjukkan bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang ditandai oleh kemerosotan akhlak dan degradasi wawasan kebangsaan.

“Kegiatan ini untuk menggelorakan kembali nilai-nilai jati diri bangsa yang mulai meredup. Semua kalangan baik masyarakat, ormas, mahasiswa sebagai generasi muda, tokoh masyarakat, ulama, dan pemerintah harus andil dalam menanamkan wasbang dan empat pilar sebagai fondasi pembangunan,” ujar Soesilo.

Soesilo berharap melalui kegiatan yang diselenggarakan hari ini dapat memberikan pemahaman kepada seluruh siswa mengenai pola perilaku kehidupan berbangsa dan bernegara serta empat pilar kebangsaan yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat Kota Pekalongan untuk menghargai pluralisme bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(YON)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini