Kota Tegal Kini Punya Sekda Definitif

0
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono membubuhkan tanda tangan dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekretaris Daerah Kota Tegal di Pendopo Balai Kota Tegal, Rabu siang (05/02/2020)FOTO/PUSKAPIK/WIJ

TEGAL (PUSKAPIK) – Setelah kosong beberapa tahun, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal akhirnya terisi, menyusul dilantiknya Dr Drs Johardi MM menjadi pejabat definitif Sekda oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Rabu siang (05/02/2020)

Johardi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal itu, menggantikan Imam Badarudin yang memangku jabatan sebagai pejabat Setda. Pelantikan yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Wali Kota Tegal dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan jajaran Forkompinda Kota Tegal.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, mengatakan, Sekda punya peran yang sangat strategis dan penting, khususnya di lingkungan birokrasi. Dalam menjalankan perannya sekretaris daerah harus dapat mengejawantahkan rencana strategis yang telah disusun dan menjabarkan secara konkrit dalam pelaksanaan tupoksi.

“Pelaksanaan tugas dengan mengacu pada perencanaan strategis ini penting untuk menjadi koridor dan arah dalam melaksanakan pembangunan fungsi penunjang pemerintahan. Utamanya karena sekretaris daerah memiliki tanggung jawab membantu wali kota dalam penyusunan kebijakan dan fungsi koordinator perangkat daerah,”kata Dedy.

Sekda terpilih, imbuh Dedy Yon, harus bisa menjadi sosok perekat dan pengayom di antara aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah Kota Tegal. Dirinya juga tidak ingin lagi mendengar adanya sekat, kelompok-kelompok yang saling membeda-bedakan antara ASN Kota Tegal.
“Sekretaris daerah selain menjalankan fungsi koordinasi, harus dapat menjadi jembatan pemersatu aparatur sipil negara di Kota Tegal. Bangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan jajarannya,” ujar Dedy.

Dedy Yon berpesan, seluruh ASN Pemkot Tegal harus tetap menunaikan tugas dan tanggung jawab dengan integritas tinggi, menjalankan tupoksi sebagai pelayan masyarakat dengan sebaik-baiknya. Pegang terus prinsip transparansi, akuntabilitas, profesionalitas dan tetap katakan tidak pada praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dirinya yakin pejabat yang terpilih akan melaksanakan tugas. Juga akan bekerja dengan baik, tersistem serta tidak berpolitik.
“Pak Sekda nggak usah berpolitik. Soal politik biar menjadi urusan pak Walikota dan Wakil Walikota,” kata Ganjar.(WIJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini