Sungai Comal Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam

0

ULUJAMI (PuskAPIK) – Meluapnya air sungai Comal rendam Ratusan rumah warga di 3 (tiga) desa di kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang, Selasa (19/12).

Luapan air sungai Comal hingga setinggi 80 cm menggenangi rumah warga di dusun Karangsambung desa Mojo, dusun Ujungkumpul desa Limbangan dan desa Pesantren timur kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD kabupTen Pemalang Tri Wahyuningsing, menyampaikan kepada puskapik.com bahwa banjir di tiga desa tersebut dikarenakan hujan yang cukup deras pada Senin (18/12) malam pada lokasi banjir dan juga hujan di wilayah hulu, yang menyebabkan meluapnya air sungai Comal ditambah dengan datangnya air pasang (rob).

Ditambahkan Tri bahwa pihaknya untuk mengantisipasi keadaan pihaknya sudah menyiapkan peralatan dan melakukan pengecekan logistik, yang dalam hal ini berkoordinasi dengan dinas sosial kabupaten Pemalang.

Dalam peristiwa tersebut tampak BPBD kabupaten Pemalang, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, TNI, Polri dan relawan lainnya melakukan upaya-upaya dalam rangka evakuasi warga.

Menurut keterangan beberapa warga setempat air sungai Comal sudah tampak tinggi dan meluap sekitar pukul 23.00 WIB (Senin, 18/12). Warga sudah diperingatkan melalui “kentongan” agar waspada akan datangnya luapan air sungai Comal. Sekitar pukul 01.00 WIB (Selasa, 19/12) air sudah menggenangi dan memasuki rumah warga dengan ketinggian 80 cm. Baru sekitar pukul 05.00 WIB air sudah mulai surut. (hp)