Festival Pecinan Pekalongan Meriah

0
Festival Jalan Blimbing Kota Pekalongan Kamis malam (30/1/2020), berlangsung meriah. FOTO/PUSKAPIK/YON

KOTA PEKALONGAN (PUSKAPIK)– Festival Seni, Budaya, dan kuliner Indonesia di Jalan Blimbing Kota Pekalongan menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu masyarakat Kota Pekalongan.

Tidak hanya dari komunitas Tionghoa berbagai etnis dan masyarakat luar daerah hadir menikmati sajian pertunjukan budaya dan aneka santapan lezat dengan nuansa Cina. Event yang merupakan rangkaian dari perayaan Cap Go Meh yang puncaknya pada 7 Februari mendatang ini, telah masuk dalam kalender event yang dinformasikan secara nasional.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dinparbudpora), Kota Pekalongan, Sutarno SH MHum saat mendampingi Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE saat membuka acara festival di Jalan Blimbing, Kamis malam (30/1/2020). “Kegiatan ini berkolaborasi dengan Dinparbudpora Kota Pekalongan melalui bidang kebudayaan, kami rutin kerja sama memberikan sedikit stimulan,” ungkap Sutarno.

Melihat keramaian di festival yang digelar selama tiga hari ini, Sutarno mengaku senang. Pasalnya banyak orang dari luar Kota Pekalongan yang menyempatkan diri untuk datang. “Banyak pula yang menginap di Kota Pekalongan hanya untuk menyaksikan event ini. Tentu tingkat hunian hotel di Pekalongan meningkat. Kuliner dan batiknya juga laris sehingga akan menumbuhkan perekonomian di Kota Pekalongan,” papar Sutarno.

Ketua Panitia Festival di Jalan Blimbing, Nur Fatoni, menyebut, 60 stand pada festival itu. Ini meningkat tajam dibanding tahun lalu. Menurutnya, melalui kegiatan ini para komunitas Tionghoa dapat bersilaturahmi.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan ini. “Tradisi ini harus hidup dan dilestarikan untuk memperkaya keberagaman di Kota Pekalongan. Saya berharap festival ini dapat menjadi destinasi wisata yang dapat meningkatkan perekonomian di Kota Pekalongan,” ujar Saelany.(YON)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini