BMKG Sebut Cuaca Ekstrem Bakal Terjadi Sepekan ke Depan di Jateng

0
BMKG memperkirakan hujan lebat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Jawa Tengah dalam sepekan ke depan. FOTO/Puskapik/Candra Suciawan

SEMARANG (PUSKAPIK) – Hujan lebat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Jawa Tengah dalam sepekan ke depan. Masyarakat diimbau waspada cuaca ekstrem saat beraktivitas di luar rumah atau pun terhadap potensi bencana yang terjadi.

Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem dipicu adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan barat daya Lampung yang menyebabkan terbentuknya belokan angin di sekitar wilayah Jawa. Sementara itu, kondisi labilitas atmosfer cukup signifikan menyebabkan peningkatan massa udara basah di wilayah Jawa Tengah.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo mengatakan, faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Jawa Tengah.

“Hujan lebat diperkirakan terjadi pada Rabu (29/1/2020) meliputi wilayah Majenang, Bumiayu, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Kebumen, Purworejo, Temanggung, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Surakarta, Klaten, Sukoharjo,” kata Achadi dalam siaran pers, Rabu (29/1/2020).

Kemudian pada Kamis (30/1/2020) terjadi di wilayah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Sragen, Karangnyar, Klaten, Magelang,Purworejo, Boyolali, Blora, Purwodadi, Pantura barat-tengah sisi selatan.

“Untuk tanggal 31 Januari hingga 2 Februari di wilayah Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Batang, Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara,Wonosobo, Magelang, Temanggung, KabupatenSemarang, Klaten, Boyolali, Surakarta, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Purworejo, Jepara, Karimun Jawa, Blora, Purwodadi,” katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.(FM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini