Tentara Palsu, Tipu Wanita Luar Dalam

0
Muhammad Saiful Muis, warga Desa Wado, Kedungtuban, Blora ditangkap anggota Kodim 0710/Pekalongan karena mengaku sebagai tentara AU. FOTO/PUSKAPIK/SURYONO

KOTA PEKALONGAN (PUSKAPIK) – Anggota Unit Intel Kodim 0710/Pekalongan bersama 2 orsang Babinsa dari Koramil 02/Pekalongan Timur menangkap lelaki yang mengaku sebagai anggota TNI Angkatan Udara saat berada di rumah istri sirinya, di Kelurahan Poncol Gang 14 D, Kemangi RT/RW 004/009, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Rabu (22/1/2020).

Informasi yang dihimpun Puskapik, Kamis (23/1/2020) menyebut, penangkapan bermula dari laporan warga yang merasa curiga dan tertipu oleh Muhammad Saiful Muis yang sudah lama berjanji untuk menikahi secara resmi, namun selalu mengelak dan ingkar janji, sehingga warga tersebut memberanikan diri melapor kepada Babinsa Koramil 02/Pekalongan Timur.

Dan setelah dicek bersama anggota unit intel Kodim 0710/Pekalongan,ternyat Muhammad Saiful Muis pria kelahiran, Blora 26 Juli 1989, warga Desa Wado, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, bukan tentara. Hanya bertampang dan berlagak seperti tentara.

Kemudian anggota unit intel bersama Babinsa Koramil 02/Pekalongan timur membawanya ke kantor Staf Intel Kodim 0710/Pekalongan untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Dikonfirmasi adanya penangkapan anggota TNI gadungan tersebut, Komandan Kodim 0710/Pekalongan Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto membenarkan penangkapan itu.Sampai kemarin tentara gadungan itu masih dimintai keterangan lebih lanjut tentang motif dan aktivitasnya sehari-hari selama di Pekalongan.

“Kita masih dalami motif yang sebenarnya. Kenapa saudara Saiful Muis ini menjadi TNI gadungan, pasalnya, ternyata sudah lama dan hampir 7 tahun dirinya mengaku menjadi TNI sehingga sampai menikah siri dan dikaruniai anak di Pekalongan ini,” kata Dandim.

Untuk proses selanjutnya, Muhammad Saiful Muis nantinya setelah dimintai keterangan dan menyelesaikan permasalahannya dengan keluarga yang ada di Pekalongan, maka akan menyerahkan proses selanjutnya kepada POM TNI AU karena yang bersangkutan selama ini mengaku sebagai TNI AU.

Ditanya oleh awak media, Muhammad Saiful Muis menjelaskan, dia nekat menjadi TNI gadungan lantaran sudah 4 kali mendaftar tentara tapi selalu gagal, tapi ingin menunjukan kepada orang tuanya bahwa dirinya sudah menjadi TNI.

“Saya malu dan takut kalau pulang ke rumah pak. Sudah berkali-kali mendaftar tentara selalu gagal,” katanya.(Yon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini