Ramai Disorot, Begini Kata Bakesbangpol Pemalang Soal Aplikasi ‘SISEMOK’

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pemalang buka suara soal aplikasi ‘SISEMOK’ yang belakangan ramai menjadi sorotan media hingga viral di media sosial.

Kepala Bakesbangpol Pemalang, Bagus Sutopo, menjelaskan, aplikasi SISEMOK atau Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan itu dibuat untuk mendata ormas di Kabupaten Pemalang.

Namun, Bagus Sutopo menegaskan aplikasi tersebut sudah lama diganti dan tak digunakan Bakesbangpol Pemalang.

“Ya, jadi itu dibuat tahun 2021 lalu oleh pejabat sebelumnya. Saat itu pemerintah daerah sedang gencar membuat inovasi aplikasi.” terang Bagus saat ditemui di kantornya, Kamis (11/7/2024).

Dijelaskan Bagus, pada tahun berikutnya Bakesbangpol Kabupaten Pemalang mengganti aplikasi SISEMOK dengan ‘SIEMAS’ atau Sistem Informasi Pendaftaran Ormas.

“Tapi waktu SIEMAS akan kita terapkan, ada kebijakan dari Kemendagri kalau pendataan ormas terpusat di aplikasi SIORMAS buatan Kemendagri. Akhirnya SIEMAS tak dipakai.” jelasnya.

Bagus Sutopo yakin tak ada niat dari pemerintah memasukan unsur erotis dalam pembuatan aplikasi tersebut. “Waktu itu memang lagi ramai nama-nama inovasi aplikasi yang unik.” jelasnya.

Penulis : Eriko

Bagikan :
Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!