Gugah Kesadaran Warga, Pemuda Pemalang Bersihkan Sampah Nobar Timnas Indonesia di Alun-alun

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Barisan Mansur Muda gelar aksi bersih-bersih sampah saat gelaran nonton bareng semifinal AFC U-23 Asian Cup antara Indonesia vs Uzbekistan di Alun-alun Pemalang, Senin 29 April 2024.

Mereka menyebut aksi ini jadi bentuk nyata kepedulian lingkungan, sekaligus untuk mengedukasi warga Kabupaten Pemalang agar sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Gerakan bersih-bersih sampah itu dilakukan relawan Mansur Muda saat pertandingan memasuki waktu turun minum. Mereka langsung bergerak masuk ke sela-sela penonton memunguti sampah bermodalkan kantong plastik jumbo.

Selama melakukan aksinya, para relawan Mansur Muda pun mengajak ribuan warga yang nobar di Alun-alun Pemalang itu untuk inisiatif memasukan sampah bungkus makanan ke kantong-kantong sampah yang mereka sediakan.

Koordinator Mansur Muda, Farraz Alam Majid, mengatakan, aksi bersih-bersih sampah ini merupakan aksi pertama yang mereka lakukan. Aksi ini berangkat dari keprihatinan acara nobar sebelumnya yang menyisakan sampah berserakan.

“Kita ingin warga Pemalang lebih peduli akan kebersihan lingkungannya. Harus diingat, bahwa Pemalang pernah meraih penghargagaan Adipura (kota bersih).” kata Farraz.

Dikatakan Farraz, aksi bersih-bersih sampah ini juga sejalan dengan komitmen Bupati Pemalang, Mansur Hidayat dalam upaya menciptakan lingkungan Kabupaten Pemalang yang bersih.

Relawan Mansur Muda gelar aksi bersih-bersih sampah di acara nonton bareng semifinal AFC U-23 Asian Cup antara Indonesia vs Uzbekistan di Alun-alun Pemalang, Senin 29 April 2024.FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

Farraz pun berharap, gerakan yang dilakukannya bersama kawan-kawan relawan Mansur Muda itu mampu menggugah kesadaran warga Kabupaten Pemalang dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

“Semoga aksi kita bisa jadi pemantik agar orang-orang lebih peka menjaga kebersihan, membuang sampah di tong-tong sampah. Karena dampak lingkungannya masalah sampah ini enggak boleh dianggap remeh.” terangnya.

Dari aksi bersih-bersih sampah acara nobar di Alun-alun Pemalang itu, ada ratusan kantong sampah yang berhasil dikumpulkan Farraz bersama kawan-kawan Mansur Muda dari bungkus makanan dan minuman ribuan penonton.

“Tadi ada sekitar 100 kantong sampah dari segini banyaknya warga yang ikut nobar, ada ribuan orang ya, banyak sekali sampah plastik seperti botol air mineral.” tuturnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!