Wow! Begini Ramainya Festival Kupat di Pemalang

0
Suasana kirab gunungan ketupat dalam Festival Kupat di Objek Wisata Pantai Widuri Pemalang, Minggu 21 April 2024.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ribuan orang berbondong-bondong menyaksikan Festival Kupat di Kabupaten Pemalang, Minggu 21 April 2024. Mereka antusias berebut gunungan ketupat yang disuguhkan lengkap dengan opor ayam.

Festival kupat yang berlangsung di Objek Wisata Pantai Widuri Pemalang itu diawali dengan kirab gunungan ketupat mulai dari Pendopo Kantor Disparpora Pemalang menuju Hall Sirkuit Pantai Widuri.

Kirab gunungan ketupat yang diiringi musik tradisional, marching band, hingga atraksi jaran ebeg itu menyita perhatian para pengunjung yang sengaja datang jauh-jauh untuk menyaksikan festival kupat ini.

Diketahui, ada 30.000 ketupat yang disuguhkan secara gratis dalam bentuk gunungan. Ketupat-ketupat itu disajikan oleh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), BUMD, BUMN, dan instansi vertikal.

Tak butuh waktu lama, setelah dibuka oleh Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, puluhan ribu ketupat di gunungan ludes diperebutkan para pengunjung. Mereka juga mendapat opor ayam sebagai sajian pelengkapnya.

Para pengunjung berebut gunungan ketupat dalam Festival Kupat di Objek Wisata Pantai Widuri Pemalang, Minggu 21 April 2024.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

Kepala Disparpora Pemalang, Dian Ika Siswati, mengatakan, festival kupat ini digelar untuk melestarikan seni budaya, pertunjukan, kuliner, serta meningkatkan kunjungan wisatawan Pantai Widuri.

“Kita harapkan festival ini bisa mengingkatkan kunjungan wisatawan di Pantai Widuri dan festival kupat kedepannya bisa jadi kegiatan tahunan.” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Mansur Hidayat. Ia berharap, festival kupat ini kedepannya bisa menjadi agenda tahunan dan menambah daya tarik wisata di Kabupaten Pemalang.

“Kita Pemalang kan punya banyak sekali festival, ada festival wong gunung, mangga penggarit, nanas madu. Nah kalau festival kupat ini momennya Lebaran.” tuturnya.

Selain meningkatkan kunjungan wisata, Mansur juga berharap, festival kupat ini bisa menjadi ajang silaturahmi warga Kabupaten Pemalang untuk merajut kebersamaan dalam momentum Lebaran.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini