Pinjam Uang Rp1,3 Miliar, Raja Keraton Agung Sejagat Kabur dari Kejaran Bank

Advertisement

JAKARTA (PUSKAPIK) – Toto Santoso, sosok yang mengklaim sebagai Raja Keraton Agung Sejagat ternyata memiliki catatan hitam. Pria yang mengaku bergelar Rangkai Mataram Agung itu kabur setelah meminjam uang Rp1,3 miliar ke bank.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi mengatakan, pihaknya melakukan penelusuran setelah adanya informasi bahwa Toto pernah tinggal di Jakarta Utara. Polisi kemudian menemukan lokasi yang dicari.

Dari situ diketahui bahwa Toto sempat mengontrak rumah di Kampung Bandan, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Berdasarkan penuturan ketua RT, Toto mengajukan pinjaman uang sebesar Rp1,3 miliar dari salah satu bank. Pengajuan pinjaman disetujui dengan agunan sebuah ruko di Jakarta Barat.

“Peminjamannya diketahui Ketua RT. Nggak lama dia kemudian meminta surat pindah, tapi nggak dikasih sama Ketua RT,” kata Budhi di Mapolres Metro Jakarta Utara, Kamis (16/1/2020).

Berdasarkan penuturan kepada polisi, ketua RT tak mengingatkan kapan peminjaman itu terjadi. Yang jelas, setelah Toto menghilang, ada dari pihak bank yang datang.

“Ketua RT tahu dan pernah didatangi pihak bank, yang intinya akan menagih utang kepada saudara Toto,” kata Kombes Pol Budhi.

Meskipun terbukti mangkir dan enggan bayar, tapi Polres Metro Jakarta Utara tak bisa menyelidiki kasus itu lantaran masuk ke ranah perdata, dan bukan kewenangan polisi. “Sampai saat ini belum kami terima kalau memang ada dugaan tindak pidana, kami tentu akan merespons,” kata Budi.(FM)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!