Jamasan Pusaka Kabupaten Pemalang Jadi Momentum Membersihkan Diri

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemerintah Kabupaten Pemalang bakal menggelar jamasan pusaka yang telah menjadi tradisi tahunan. Tradisi ini tak hanya sekedar membersihkan pusaka, namun secara filsafah juga membersihkan diri.

Itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Supa’at, saat acara beber wayang dan boyong kereta dari eks rumah dinas wakil bupati, menuju rumah dinas bupati, Jumat 28 Juli 2023.

“Yang dijamas (disucikan) ya bendanya, ya orangnya,” ucapnya.

Kegiatan beber wayang dan boyong kereta sendiri merupakan rangkaian jamasan kereta kencana dan benda pusaka Kabupaten Pemalang 2023. Ada dua kereta kencana yang diboyong dan bakal dijamas yaitu Kyai Seto Mraman dan Kyai Turonggo Jati.

“Harapannya Pemalang diberi kelancaran oleh Tuhan yang Maha Kuasa agar dapat melayani masyarakat, serta diberi kemudahan dalam membangun untuk menjadi kabupaten yang adil makmur agamis dan ngangeni,” sambung Supa’at

Tradisi jamasan ini diketahui sudah dijalankan Pemerintah Kabupaten Pemalang dari tahun ke tahun, tepatnya pada bulan Muharram atau Suro. Tradisi ini juga merupakan wujud menghargai peninggalan karya seni budaya para leluhur.

Adapun rencananya jamasan pusaka itu bakal digelar Sabtu 29 Juli 2023 di Halaman Belakang Kantor Bupati Pemalang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!