Sosialisasi Saber Pungli, Bupati Banyumas: Mulai Sekarang Stop Pungutan Liar

0
Inspektorat Kabupaten Banyumas bersama dengan Tim Saber Pungli menyelenggarakan Sosialisasi Saber Pungli bagi Pejabat di Lingkungan Pemkab Banyumas, Rabu (15/1/2020). FOTO/DOK.HUMAS PEMKAB BANYUMAS

BANYUMAS (PUSKAPIK) – Inspektorat Kabupaten Banyumas bersama dengan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) menyelenggarakan Sosialisasi Saber Pungli bagi Pejabat di Lingkungan Pemkab Banyumas di Hotel Grand Karlita Purwokerto, Rabu (15/1/2020). Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein.

Sosialisasi dihadiri oleh narasumber dari berbagai instansi seperti Kepala Kejaksaan Negeri Purwokerto, Kepala Kejaksaan Banyumas, beserta Polresta Banyumas. Acara ini dihadiri oleh 200 tamu undangan yang berasal dari pejabat di seluruh Kabupaten Banyumas.

Dalam sambutannya, bupati berharap setelah diberikan pengertian mengenai saber pungli, pejabat bisa paham, instrospeksi diri, dan mampu mencegah jika ada yang akan melakukan pungutan liar. Penolakan terhadap pungli jangan semata-mata dilakukan karena takut, tapi dicegah supaya tidak merusak tatanan yang ada dan melanggar hak orang lain serta aturan.

“Tolong untuk tidak melakukannya (pungli) dan nanti dari narasumber akan menjelaskan apa itu pungli, apa itu sapu bersih dan bagaimana hakikat daripada saber pungli itu. Maka mulai sekarang stop! Saya peringatkan stop! Maka ubahlah menjadi tidak ada,” kata bupati.

Achmad Husein menyampaikan akan ada tim pengawasan yang mengecek langsung di lapangan. Tidak menutup kemungkinan, Bupati Banyumas akan melakukan sidak bersama dengan tim kepolisian dan kejaksaan bila berbagai usaha pencegahan tidak berhasil. Namun sejauh ini Bupati Banyumas masih menahan diri untuk melakukan sidak secara besar-besaran. (AR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini