Begini Peringatan Hari Otda 2023 di Pemalang

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-27 tahun 2023 di Halaman Pendopo Kabupaten Pemalang, Sabtu 29 April 2023. Upacara diikuti jajaran Forkopimda dan OPD Kabupaten Pemalang.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Mansur Hidayat membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang membeberkan mengenai filosofi dilaksanakanya Otda serta dampak positif berikut evaluasi pelaksanaan Otda.

Menurut Ganjar, tujuan dilaksanakannya Otda dengan mendesentralisasikan sebagian kewenangan, sejatinya adalah untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal, dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

Selain itu juga untuk memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

Setelah 27 tahun berlalu, Ganjar menilai Otda telah memberikan dampak positif. Hal itu dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan, yang ditandai meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan kemampuan fiskal daerah.

Namun demikian, masih menurut orang nomor satu di Jateng tersebut, data juga menunjukan bahwa filosofi dari tujuan Otda belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan.

Ganjar beralasan, berdasarkan data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri, terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD di bawah 20% (dalam APBDnya), dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat.

Menurutnya hal itu sangat ironis, mengingat, kewenangan telah diberikan kepada daerah, sementara keuangan masih tergantung kepada pemerintah pusat. Ini yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama.

Usai upacara, Mansur Hidayat bersama Forkopimda dan Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang, Shanti Rosalia, berkesempatan menyerahkan bantuan dari Baznas Kabupaten Pemalang kepada sejumlah anak yatim piatu dari Panti Asuhan Dewi Masitoh Kebondalem, Al Fitroh Bojongbata dan Manarul Islam Pelutan.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!