Forkopimda Pemalang Ikut Aksi Nasional Tanam Satu Juta Mangrove

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Forkopimda Pemalang ikut dalam aksi nasional penanaman mangrove di bibir pantai. Penanaman dilakukan di Pantai Kelurahan Sugihwaras (Tanjungsari), Kecamatan Pemalang, Senin 15 Mei 2023.

Penanaman mangrove yang menjadi program Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara serentak di seluruh Indonesia ini merupakan upaya untuk mencegah bencana banjir rob akibat terkikisnya bibir pantai (abrasi).

Mewakili Bupati, Pj Sekda Pemalang, Mohammad Sidik, mengatakan, penanaman mangrove ini adalah salah satu upaya untuk menjaga kelestarian alam, khususnya ekosistem perairan di wilayah pantai Kabupaten Pemalang.

“Besar harapan saya melalui kegiatan ini, menjadi langkah strategis kita dalam memberikan perhatian khusus pada lingkungan, serta bisa mengoptimalkan mangrove ini bernilai ekonomi tinggi,” ungkapnya.

Dirinya berpesan kepada kelompok tani hutan dan masyarakat khususnya di Kelurahan Sugihwaras untuk bisa memanfaatkan peluang dengan menanam, merawat dan menjaga mangrove yang ada di sepanjang pesisir laut.

“Sedangkan pemanfaatannya, mangrove bisa diolah sehingga bernilai ekonomi guna menyejahterakan keluarga,” pungkasnya

Sementara itu, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf. Ade Afri Verdaniex, selaku penyelenggara menjelaskan, ini merupakan kali kedua pihaknya menanam mangrove, setelah sebelumnya di Desa Jatirejo Kecamatan Ulujami.

“Mungkin kapasitas yang kita tanam tidak banyak, tetapi kami berharap warga masyarakat Sugihwaras mampu menjaga tanaman mangrove yang kita tanam, karena nanti tujuanya untuk penanggulangan rob atau abrasi,” kata Dandim.

Dikatakan Dandim, wilayah yang ditanami mangrove ini, sekitar tahun 2017 lalu juga sudah ditanami cemara. “Bisa dilihat ini hasil yang ditanam pada 2017, dan Alhamdulillah terus dirawat sampai sekarang,” imbuh Dandim.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini