Salurkan Air Bersih, Mansur Targetkan Pulosari dan Belik Segera Bebas dari Kekeringan

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, menyalurkan bantuan air bersih dan paket sembako kepada warga terdampak kekeringan di Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari, Senin 29 Mei 2023.

Mansur bersama Kepala BPBD Pemalang, Wahadi, turun langsung mendistribusikan air bersih kepada warga desa setempat. Mansur berharap, kedepannya segera ada solusi untuk menyudahi kekeringan yang dialami warga Desa Clekatakan.

“Semoga bantuan ini yang terakhir, kedepan tidak ada bantuan air bersih lagi karena air bersih sudah ada di Pulosari, kita sedang usahakan semoga dalam waktu dekat,” ujar Mansur.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Perumda Air Minum Tirta Mulia tengah membangun jaringan air bersih yang akan mensuplai air bersih ke Kecamatan Pulosari dan Belik yang kerap mengalami kekeringan.

Dalam hal ini, Pemkab Pemalang bekerjasama dengan Pemkab Banyumas dalam pemanfaatan mata air Tuk Lambean yang berada Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas, untuk mengaliri air ke Pulosari dan Belik.

“Secara jaringan sebenarnya sudah selesai, masalah administrasi AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) yang sedang kita upayakan semoga dalam tahun ini bisa selesai,” lanjut Mansur.

Mansur berharap jika jaringan air bersih telah rampung, dapat menyelesaikan permasalahan air bersih di wilayah selatan dan dapat dimanfaatkan oleh warga Kecamatan Pulosari dan kecamatan Belik yang sering terdampak kekeringan itu.

“Kekeringan ini telah terjadi sejak jaman Indonesia sebelum merdeka hingga saat ini, besar harapan kami pembangunan air bersih yang saat ini masih berproses agar segera selesai dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Sutrisno, Kepala Desa Clekatakan.

Bencana kekeringan akibat kemarau di Kecamatan Pulosari telah terjadi bertahun-tahun, berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Pemalang dalam menanggulangi kekeringan tersebut diantaranya bantuan toren air guna menampung air hujan serta bantuan penyaluran air bersih secara berkala.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini