Sidak ke TPS, Mansur Pastikan Sampah-sampah di Pemalang Mulai Diangkut

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Sampah-sampah yang menumpuk dan terbengkalai sejak sepekan lalu di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) “Kota Ikhlas” kini mulai diangkut petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pemalang.

Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, sore tadi meninjau pengangkutan sampah di TPS Jalan Anggur Kelurahan Bojongbata, Selasa 23 Mei 2023. Mansur mengawasi langsung proses pengangkutan sampah oleh petugas DLH.

“Hari ini sampah di TPS-TPS sudah mulai kita angkut, memang penanganan sampah ini butuh kerjasama. Ayo kita bareng-bareng tangani persoalan sampah ini.” ujar Mansur disela-sela peninjauan pengangkutan sampah itu.

Saat ini sebanyak 37 truk milik DLH tengah mengebut pengangkutan sampah dari TPS. Petugas kebersihan berjibaku memaksimalkan pembuangan sampah yang menumpuk sejak pekan lalu pasca TPA Pesalakan didemo warga.

Plt Bupati Mansur Hidayat mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang masih terus melakukan mediasi dengan warga Dusun Pesalakan Desa Pegongsoran terkait pembuangan sampah di TPA Pesalakan.

Satu per satu keluhan warga sekitar TPA dan tuntutan mereka pun diamini pemerintah. Pendekatan humanis ditempuh pemerintah untuk mengatasi persoalan sampah yang belakangan menjadi isu darurat di Kabupaten Pemalang.

“Yang penting ada win-win solution. Beberapa tuntutan sudah kita laksanakan, seperti penataan sampah, pos kesehatan nanti akan kita adakan disana, kemudian tadi pagi kita semprot cairan wangi-wangian EM4 biar tidak bau.” jelas Mansur.

Seperti diketahui, Kabupaten Pemalang tengah dilanda darurat sampah pasca warga Dusun Pesalakan Desa Pegongsoran menggelar aksi unjuk rasa dan memblokade akses pembuangan sampah di TPA Pesalakan, Kamis 11 Mei 2023 lalu.

Sejak pagi, ratusan warga memblokade akses pembuangan sampah di TPA Pesalakan. Aksi unjuk rasa ini menjadi luapan kekesalan mereka lantaran selama ini pemerintah seolah tutup mata terhadap sampah TPA yang sudah menggunung.

Unjuk rasa para warga sekitar TPA Pesalakan tersebut mendapat pendampingan Koalisi Kawali Indonesia Lestari Kabupaten Pemalang. Unjuk rasa ditengah guyuran hujan itu dipimpin aktivis kawakan, Andi Rustono.

Saat itu Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, berjanji bakal menangani penataan pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pesalakan yang semrawut. Ia menyebut Pemkab Pemalang juga tengah memikirkan TPA baru.

“Solusinya hari Sabtu akan kita datangkan eskavator untuk menangani sampah-sampah yang semrawut dan overload ini. Perkiraan saya butuh 5 unit lah.” ungkapnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!