Jelajah Kopi, Empat Pemuda ‘Pawon Tembemburi’ Ngonthel dari Klaten ke Depok

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Berpetualang mungkin bisa menjadi tantangan bagi anak muda untuk mengukir cerita dalam hidupnya. Jauhnya perjalanan bakal membuka pengetahuan dan memberikan mereka segudang pengalaman.

Seperti yang saat ini tengah dilakoni empat pemuda dari sebuah rumah kreativitas bernama “Pawon Tembemburi” di Jetis, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Mereka adalah Arsi, Noval, Okta, dan Awan.

Empat pemuda itu kini dalam perjalanan menuju “Omah Jangan Diam Terus”, sebuah rumah singgah kreativitas di Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat. Jarak sejauh 556 kilometer itu mereka tempuh dengan bersepeda.

“Jadi perjalanan ini semacam cara kita belajar di luar, kita sharing dengan orang yang kita temui dari satu tempat ke tempat lainnya.” tutur Oktaffyani (26), kepada puskapik.com saat singgah di Pemalang, Rabu 17 Mei 2023.

Selama berkelana dari Klaten menuju tempat tujuan mereka di Depok, Okta dan kawan-kawannya menjajakan kopi yang mereka seduh diatas sepeda onthel yang didesain menjadi kedai bergerak. Ada berbagai macam kopi yang mereka tawarkan.

“Nah kopi jadi media kita buat sharing dan berkomunikasi di jalanan, kita explore kopi yang ada di daerah-daerah singgah. Kita jual kopi seduh dengan harga seikhlasnya.” ungkap Okta.

Arsi, Noval, Okta dan Awan. Empat Pemuda Pawon Tembemburi bersepeda dari Klaten ke Depok.FOTO/PUSKAPIK/DOK

Kabupaten Pemalang menjadi salah satu dari sekian daerah yang mereka singgahi sejak pedal sepeda mereka kayuh tanggal 10 Mei lalu. Okta pun sedikit bercerita tentang perjalanan yang sudah dirinya lalui bersama kawan-kawan.

“Pertama ya capek, bahkan aku sempat nangis. Tapi akhirnya semangat lagi. Pastinya selama di jalanan itu capek dan kepanasan, tapi semua kebayar waktu kita ketemu orang-orang baik dan bisa belajar dengan mereka.” terangnya.

Tak hanya kendala fisik, kendala teknis juga mereka alami selama menempuh perjalanan ini. Dalam persinggahan di “Kota Ikhlas” ini, sepeda onthel yang menjadi kedai mereka harus masuk bengkel untuk dibongkar dan diperbaiki.

Tempat tujuan kelana empat pemuda Pawon Tembemburi tersebut sejatinya bukan hanya Depok. Rencananya, dari Depok mereka bakal mengayuh sepeda ke Surabaya dan lanjut menyeberang ke Bali.

“Target kita tanggal 30 ini di Surabaya, disana ada Festival Kopi Jalanan. Kita pengen hadir disana karena kita ngerasa itu pas sama cerita kita. Kita lihat nanti, kalau memungkinkan kita kayuh kesana.” jelas Okta.

“Kalau di Bali kita rencananya singgah ke tempat tinggal salah satu tamu yang pernah datang ke Pawon Tembemburi. Pastinya kita optimis, perjalanan dan tujuan itu bisa kita capai.” imbuhnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini