Kawal Posko Mudik Idul Fitri, PMI Pemalang Terjunkan Puluhan Relawan

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang menerjunkan puluhan relawannya untuk membantu posko-posko layanan mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/ 2023 di titik-titik strategis Kota Ikhlas.

Para relawan itu secara resmi dikukuhkan Ketua PMI Kabupaten Pemalang, Akhmad Patah di Aula Markas PMI Pemalang, Sabtu 15 April 2023. Mereka diterjunkan setelah sebelumnya mendapatkan pembekalan pengetahuan.

“Mereka sudah kami bekali diantaranya tentang refresh praktik pertolongan pertama dan tentang posko siaga lebaran.” kata Patah, Selasa 18 April 2023.

Sebanyak 74 relawan PMI Kabupaten Pemalang itu ditugaskan membantu empat Posko Mudik Lebaran Pemalang diantaranya Pos Exit Toll Gandulan, Pos Alun-alun, Pos Markas PMI, serta Pos Randudongkal.

“Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para relawan yang siap bertugas pada layanan siaga, pesan saya jaga diri dan jaga nama baik PMI,” tambahnya

Akhmad Patah memaparkan, dalam kesiapan PAM Lebaran ini PMI menyiagakan 3 unit mobil ambulans dengan sopir dan para petugas yang mempunyai ketrampilan pertolongan pertama dilengkapi tas obat-obatan.

“Petugas terbagi dan terjadwal di Pos Exit Toll Gandulan 3 shift, Pos Markas 2 shift, Pos Randudongkal 2 shift, dan Alun-alun 2 shift,” tutur Patah.

Disamping menyediakan layanan siaga selama mudik lebaran, PMI tetap melakukan berbagai upaya untuk mencukupi kebutuhan darah diantaranya dengan mendatangi ke masjid-masjid untuk menggelar kegiatan donor darah.

“Satu hari dua tempat, program donor darah Ramadan kami tawarkan menu donor yang menarik, Alhamdulillah setelah tarawih banyak pendonor yang datang ke gedung PMI, sehingga sampai saat ini persediaan darah tercukupi,” jelas Patah.

Meski cuti lebaran nasional, pelayanan PMI dipastikan tetap berjalan normal, seperti pelayanan Donor Darah dan Tim Siaga Bencana di Markas PMI Jalan Jenderal Gatot Subroto nomor 78, Pemalang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini