Lantik Kepala Sekolah, Bupati Pemalang : Dongkrak IPM Kita

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, melantik ratusan kepala sekolah negeri. Mereka diminta mendongkrak angka harapan lama sekolah yang menjadi kompenen penting Indeks Pembangunan Manusia.

Pelantikan 108 guru sebagai kepala sekolah dan pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang tersebut berlangsung di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Jumat siang 17 Maret 2023.

“Kita masih ada tantangan yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah, dan pendidikan menjadi salah satu faktornya. Kita masih ranking 34 se-Jawa Tengah.” ujar Mansur.

Maka dari itu, Mansur Hidayat meminta seluruh kepala sekolah yang baru saja dilantik untuk mendongkrak IPM Kabupaten Pemalang dengan mendorong para siswa agar menempuh pendidikan minimal 12 tahun.

“Pastikan anak-anak SD lanjut ke SMP, jangan sampai mereka putus sekolah. Cari masalahnya apa kalau ada yang enggak lanjut (sekolah), dibujuk agar mau lanjut sekolah.” terangnya.

Mansur menyebut, banyaknya anak yang tak lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan salah satu akar persoalan IPM Kabupaten Pemalang selama ini stagnan menduduki ranking terbawah se-Jawa Tengah.

“Boro-boro kita mau bicara kampus atau kuliah di Kabupaten Pemalang, sedangkan yang dasar saja kita masih sangat rendah.” tegas Mansur.

Dalam kesempatan itu, Mansur Hidayat juga mengingatkan kepada para kepala sekolah SD dan SMP di Kabupaten Pemalang agar menanamkan pendidikan anti-korupsi kepada peserta didik, untuk membentuk akhlak baik mereka.

“Ya, itupendidikan anti-korupsi itu penting untuk anak-anak SD dan SMP, untuk membentuk akhlak yang baik, menghindari perilaku-perilaku koruptif.” terangnya kepada wartawan.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini