Sikat Tottenham Hotspur 1-0, Liverpool Kokoh di Puncak Klasemen Liga Inggris

0
Roberto Firmino menjadi kunci kemenangan Liverpool atas Tottenham Hotspur pada lanjutan Liga Inggris 2019/2020, Minggu (12/1/2020) dini hari WIB. FOTO/LIVERPOOL FC

LONDON (PUSKAPIK) – Dominasi Liverpool belum tergoyahkan di Liga Inggris 2019/2020. The Reds sukses mempecundangi Tottenham Hotspur saat bertamu di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/1/2020).

Kemenangan Liverpool diperoleh dari gol semata wayang Roberto Firmino di menit ke-37. Tendangan akurat ke sudut kanan bawah pemain asal Brasil itu tak mampu diantisipasi kiper Spurs, Gazzaniga.

Sorak sorai pendukung Liverpool sempat tertunda lantaran wasit Martin Atkinson harus melihat ulang proses gol melalui video assistant referee (VAR). Dia memastikan tidak terjadi handball saat Mohamed Salah menahan bola, sebelum memberi umpan cantik kepada Firmino. Hasil tayangan ulang tak menunjukkan adanya pelanggaran. Skor 1-0 untuk Liverpool hingga turun minum.

Di babak kedua, terjadi jual beli serangan. Tottenham sempat mendapat sejumlah peluang emas lewat Son Heung-min dan Giovani lo Celso yang mendapat bola di depan gawang pada menit ke-82. Namun, sepakan kaki kirinya dari jarak sangat dekat melebar ke kanan. Hingga peluit panjang berbunyi kedudukan tak berubah, 1-0 untuk Liverpool.

Dalam pertandingan ini, Liverpool mencatat penguasaan bola hingga 67% berbanding 33% milik Spurs. Catatan BBC Sports, ada 13 tembakan mengarah ke gawang, dan tujuh tepat sasaran. Sedangkan Tottenham melakukan 14 tembakan mengarah ke gawang, dan hanya empat tepat sasaran.

Catatan Opta, pelatih Spurs Jose Mourinho hanya memenangi dua dari 10 laga melawan Juergen Klopp sepanjang karier kepelatihannnya (20%). Di antara 114 pelatih yang sudah dia hadapi lebih dari dua kali, hanya melawan Ronald Koeman (17%, 1 kemenangan dalam 6 pertandingan) yang memiliki rasio kemenangan yang lebih buruk.

Kemenangan ini membuat Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen Liga Inggris 2019/2020 dengan mengumpulkan 61 poin dari 21 pertandingan. The Reds unggul 16 poin dari urutan kedua, Leicester City. Adapun Spurs tertahan di peringkat 8 klasemen dengan 30 poin.

Liverpool, yang mengejar gelar pertama mereka dalam 30 tahun terakhir, juga siap untuk memecahkan banyak rekor lainnya. Kemenangan mereka membuat mereka melampaui rekor Liga Primer 2017/2018 milik Manchester City dengan 59 poin dari 21 pertandingan. The Reds juga masih bisa mencapai tonggak penting lainnya seperti kemenangan dan poin terbanyak dalam satu musim.

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (3-4-3): Gazzaniga, Aurier, Tanganga, Alderweireld (C), Sanchez, Rose, Winks, Eriksen, Dele, Lucas, Son.
Cadangan: Vertonghen, Lamela, Vorm, Dier, Lo Celso,R Sessegnon,Skipp
Pelatih: Jose Mourinho

Liverpool (4-3-3): Alisson, Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson; Henderson, Wijnaldum, Oxlade-Chamberlain; Mane, Salah, Firmino.
Cadangan: Adrian, Minamino, Lallana, Shaqiri, Origi, Phillips, Williams.Pelatih: Juergen Klopp. (FM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini