Pemalang Ikut Andil Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektare

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kabupaten Pemalang sebagai daerah 10 besar penyangga pangan di Jawa Tengah menjadi salah satu diantara puluhan daerah se-Indonesia yang ikut dalam gerakan Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektare.

Panen raya padi di Kabupaten Pemalang ini dipusatkan di area persawahan Desa Penggarit Kecamatan Taman, Sabtu 11 Maret 2023. Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, turun langsung memanen padi dengan mesin combine harvester.

“Perlu kita ketahui, bahwasanya Kabupaten Pemalang menjadi salah satu daerah penyangga pangan. Pemalang jadi 10 besar penghasil beras di Jawa Tengah,” kata Mansur.

Mansur berharap warga masyarakat semakin semangat menanam padi dengan adanya teknologi mekanik untuk membantu pertanian. Dengan demikian, diharapkan produksi beras di Pemalang terus meningkat.

“Harapannya produksi terus meningkat. Pemkab (Pemerintah Kabupaten) juga akan terus mendukung agar ketahanan pangan kita terus terjaga,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Tutuko Raharjo, mengatakan, guna menjaga keberlangsungan produksi beras, pihaknya akan berupaya melakukan pendampingan terhadap penggunaan pupuk bersubsidi.

“Kita tahu, bahwa pupuk subsidi itu kuotanya terbatas. Maka dari itu, dispertan akan mengawal betul-betul distribusi pupuk subsidi agar tepat sasaran,” jelas Tutuko.

Sebagai informasi, program nasional Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektare ini dimulai dari Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah yang dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Maret 2023 lalu.

Total ada sebanyak 10 provinsi dan 66 daerah (kabupaten/kota) se-Indonesia yang menjadi lokasi panen raya padi nasional ini.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!