Pastikan Hak Pilih Warga, Bawaslu Pemalang Patroli ke Rusunawa Pelutan

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pemalang menggelar patroli ‘Kawal Hak Pilih’, Minggu pagi 5 Maret 2023. Para petugas dipimpin langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Pemalang, Herry Setyawan.

Patroli diikuti Panwaslu Kecamatan se-Pantura Pemalang serta Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) masing-masing dimulai pukul 06:30 WIB dari Kantor Bawaslu Pemalang. Sasaran pertama patroli yakni Rusunawa yang terletak di Kelurahan Pelutan.

Di kawasan rumah susun dengan tiga bangunan utama yang terdiri dari beberapa lantai tersebut tim patroli berpencar memastikan hak pilih warga pada Pemilu 2024 terakomodir semuanya.

Selain memastikan warga punya hak pilih, petugas juga mensosialisasikan pengecekan dan pelaporan melalui media online Bawaslu Pemalang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Pemalang, Baktiawan Candheki, menuturkan, dari hasil patroli ditemukan sejumlah persoalan, salah satunya adalah warga yang tak tahu sudah ter-coklit atau belum karena alamat KTP masih di kediaman yang lama.

“Di Rusunawa Pelutan ini tidak ada RT atau RW adanya pengelola, mereka statusnya hanya sewa jadi alamat aslinya berdasarkan KTP masih di tempat tinggal sebelumnya.” kata Baktiawan Candheki.

“Rata-rata penghuni rusun warga kelurahan dan desa sekitar namun masih masuk Kecamatan Pemalang,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Baktiawan, semua persoalan itu dicatat dan nantinya akan dibuatkan laporan form A dari PKD dan Panwaslu Kecamatan yang terkait.

“Nanti mekanismenya apakah dibuatkan saran perbaikan ke PPK dan PPS akan kita rumuskan. Yang jelas kami bersama Bawaslu berkomitmen untuk menjaga seluruh hak pilih warga khususnya di Kecamatan Pemalang,” tegasnya.

Setelah menyambangi Rusunawa Pelutan, rombongan patroli melanjutkan perjalanannya menuju stand Panwaslu Kecamatan Pemalang di Alun-alun Kabupaten Pemalang.

Dalam suasana ‘Car Free Day’ tersebut petugas yang juga anggota Panwaslu Kecamatan dan Paneaslu Kelurahan/Desa membagikan stiker ajakan untuk masyarakat dalam pengawasan coklit pada Pemilu 2024 mendatang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini