Jaga Kelestarian Alam, Kodim Pemalang Tanam 3000 Bibit Pohon di Bukit Mendelem

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kodim 0711/Pemalang menanam ribuan bibit pohon di kawasan Bukit Mendelem Kecamatan Belik. Aksi reboisasi ini menjadi upaya menjaga kelestarian alam dan mencegah bencana alam di wilayah setempat.

Sebanyak 3000 bibit pohon itu ditanam di Kawasan Perhutanan Sosial Kelompok Tani Hutan (KTH) Rimba Agro Abadi Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jumat pagi 3 Maret 2023.

Bibit pohon yang ditanam antara lain 1000 bibit pohon Balsa, 1000 pohon Mahoni dan 1000 bibit pohon Albasia. Dalam aksi reboisasi ini Kodim 0711 bekerjasama dengan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH).

Penanaman ribuan pohon di Bukit Mendelem tersebut dipimpin Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0711/Pemalang, Mayor Cpm Edi Nuryanto, mewakili Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Ade Afri Verdaniex.

Mayor Cpm Edi Nuryanto mengatakan, program reboisasi kawasan hutan seluas 5 hektare dengan penanaman 3000 bibit pohon ini merupakan bentuk kepedulian Kodim 0711/Pemalang terhadap kelestarian alam di wilayahnya.

Penanaman ribuan bibit pohon tersebut diharapkan mampu menjaga stabilitas alam. Menurut Mayor Edi, penanaman pohon pada titik-titik (lokasi) yang tepat dapat mengurangi efek dari polusi. Maka, program reboisasi ini penting untuk dilakukan.

“Terutama saat ini banyak sekali bencana alam yang disebabkan oleh ulah tangan manusia seperti banjir, tanah longsor dan masih banyak lagi lainnya.” kata Mayor Edi disela-sela kegiatan.

“Selain melakukan reboisasi seperti ini, kami harap masyarakat juga melakukan penghijauan di halaman rumahnya sendiri.” imbuhnya.

Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat yang turut hadir dalam aksi penanaman pohon menyebut, reboisasi ini dapat dijadikan momentum strategis untuk mengantisipasi dampak bencana kekeringan dan kerusakan alam.

“Kita harus bersama-sama sadar dan peduli akan pentingnya memelihara lingkungan dan alam sekitar kita, untuk kehidupan di masa mendatang.” jelas Mansur.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Mendelem, Sairin, menyampaikan apresiasinya kepada Kodim 0711/ Pemalang beserta jajaran yang telah melaksanakan program reboisasi penghijauannya di desanya.

“Kami dan masyarakat desa Mendelem merasa terhormat dan berbahagia atas kedatangan bapak-bapak unsur Forkopimda Pemalang beserta rombongan di desanya, semoga kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi kita semua” ungkapnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini