Pemerintah Gugah Minat Baca Warga Pemalang Lewat Pocadi

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dinperpusda) Pemalang membangun ruang baca berbasis digital. Perpustakaan digital ini diharapkan mampu meningkatkan minat baca masyarakat Kota Ikhlas.

Ruang baca bernama Pocadi (Pojok Baca Digital) yang dibangun di kawasan Taman Patih Sampun Pemalang tersebut secara resmi dibuka oleh Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, Kamis 2 Maret 2023.

“Tentunya saya harap Pocadi ini bisa meningkatkan minat baca, karena kondisi saat ini memprihatinkan, menurut data UNESCO itu minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen.” tutur Mansur.

Apalagi, kata Mansur, kini masyarakat lebih disibukkan dengan gadget mereka untuk mengakses media sosial. Padahal sebenarnya, gadget bisa dimanfaatkan untuk memperkaya literasi.

“Mereka lebih suka bikin status-status galau,” tutur Mansur sambil berkelakar.

Pocadi ini merupakan bentuk adaptasi perpustakaan dalam era digital. Inovasi tersebut diharapkan mampu menggugah masyarakat akan pentingnya membaca untuk menambah wawasan mereka.

Sementara itu Plt Kepala Dinperpusda Pemalang, Mung Supriyati, menuturkan, pojok baca digital ini nantinya dibuka hari Senin sampai dengan Kamis saat jam kerja, mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Pengunjung akan dipandu petugas setempat.

“Pengunjung dibatasi 1 jam membaca. Disini kita sediakan komputer dan tablet yang bisa digunakan untuk membaca.” jelas Mung.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!