Perumda Tirta Mulia Pemalang Tanam Seribu Pohon di Kawasan Mata Air

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Seribu bibit pohon ditanam di kawasan Mata Air Moga dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang ke-30. Penghijauan ini menjadi upaya menjaga kelestarian alam sekitar mata air.

Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat ikut terjun langsung dalam penanaman bibit pohon di kawasan Mata Air Moga, Senin 6 Februari 2023. Ia didampingi Direktur Utama Perumda Tirta Mulia Pemalang, Slamet Efendi.

“Ini menjadi wujud kepedulian kita semua, segenap unsur Pemerintahan Daerah dan Perusda terhadap kelestarian alam sekitar kita.” ujar Mansur disela-sela kegiatan.

Kegiatan penanaman pohon ini, kata Mansur, dapat dijadikan momentum strategis dalam upaya mengantisipasi dampak bencana kekeringan dan kerusakan alam. Disamping meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelestarian alam.

Aksi penghijauan ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat, sehingga kesadaran tentang pentingnya kelestarian alam terus meningkat dan mendorong mereka agar aktif menanam pohon di lingkungan sekitarnya.

“Jangan hanya menanam, rawatlah pohon-pohon yang telah kita tanam ini. Apalah artinya menanam apabila kita lalai melakukan pemeliharaan.” pesan Mansur.

Sementara itu Slamet Efendi mengungkapkan, berbagai kegiatan bhakti sosial digalakkan Perumda Tirta Mulia Pemalang dalam peringatan HUT ke-30 ini. Mulai dari penanaman pohon, pembagian sembako hingga santunan anak yatim.

“Yang terpenting bahwa kita sama-sama menjaga lingkungan, sehingga kami mengadakan penanaman pohon di lingkungan sumber mata air kita yang ada di kabupaten Pemalang.” terangnya.

Dituturkan Slamet, nantinya penghijauan juga akan dilakukan Perumda Tirta Mulia di kawasan mata air Desa Kalisalak Kabupaten Banyumas yang akan dimanfaatkan untuj memasok air di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang.

“Mudah-mudahan nanti berjalan dengan baik sehingga mata air yang berada di wilayah Banyumas tetap terjaga airnya dan bisa di manfaatkan untuk kepentingan bersama.” jelas Slamet Efendi.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini