Jateng Gratiskan SPP, SMAN 2 Pati Kembalikan Uang Ratusan Juta ke Siswa

0
SMAN 2 Pati menjadi sekolah pertama yang mengembalikan uang SPP siswa. FOTO/ISTIMEWA

SEMARANG (PUSKAPIK) – Kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah yang tahun ini mulai menggratiskan SPP SMA/SMK/SLB Negeri langsung direspons oleh SMAN 2 Pati. Sekolah ini mengembalikan uang SPP siswa senilai Rp209.420.000 kepada orang tua murid.

Pengembalian uang SPP ini diketahui dari unggahan Kepala SMAN 2 Pati Budi Santosa melalui akun Twitternya @BIG27BUDI. Dia mengunggah foto dengan keterangannya, “Hari ini SMA N 2 PATI mengembalikan kelebihan bayar SPP untuk 486 siswa dengan total uang yg dikembalikan 209.420.000. Sesuai arah dari Pak Gub @ganjarpranowo dan petunjuk dari @pdkjateng. Alhamdulillah Ortu siswa senang dan tersenyum gembira. MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA,” begitu bunyi kalimat keterangan di unggahannya.

Ketika dikonfirmasi, Budi membenarkannya. Langkah itu merupakan inisiatif sekolah meski belum ada petunjuk atau arahan dari Dinas Pendidikan. Sekolah berinisiatif mengembalikan uang SPP, lantaran orang tua siswa membutuhkan uang tersebut. “Kita bersegera karena memang ini tampaknya dibutuhkan banyak orang tua yang sudah membayar (SPP),” katanya dalam siaran pers Kominfo Jateng, Jumat (10/1/2020).

Budi menuturkan di sekolahnya memang sudah ada sebagian besar orang tua yang membayar SPP selama setahun, enam bulan, atau dua bulan. “Yang dikembalikan (pembayaran) dari tanggal 27 Desember. Ada yang bayar kelebihan, bayar setahun, enam bulan, bervariasi,” ucapnya.

Dia menjelaskan untuk pengembalian uang SPP tadi langsung dilakukan secara tunai (cash). “Tadi pengembalian langsung cash, langsung saya berikan ke orang tuanya. Orang tuanya kita panggil ke sekolah untuk menerima uang yang sudah kita amplopi,” katanya.

Nilai ratusan juta uang SPP yang dikembalikan merupakan hasil pembayaran SPP dari ratusan siswa di sekolahnya. “Uang yang dikembalikan”Ada Rp209.420.000 dari pembayaran 486 siswa,” katanya.

Pengembalian uang SPP kepada siswa dilakukan selama dua hari yakni pada Jumat (10/1/2020) sebanyak 264 siswa dan Senin (13/1/2020) sebanyak 222 siswa. Mereka merupakan siswa kelas X, XI dan XII.

Cara pengembalian uang SPP yaitu pihak SMAN 2 Pati meminta bukti siswa telah membayar SPP, kemudian mengkrosceknya ke bank. Pihak bank juga memberikan laporan sampai semua administrasi klop. “Sampai semuanya klop. Kalau ada selisih kita panggil bank. Karena untuk mensinkronkan itu tadi. Alhamdulilah hasilnya fix klop, ya,” katanya. (FM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini