Tangani Bencana di Pantura, Basarnas Semarang Dirikan USS di Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Semarang mendirikan Unit Siaga SAR di Kabupaten Pemalang. Unit ini disiagakan untuk menangani musibah dan bencana di lima Kabupaten/Kota.

Unit Siaga SAR (USS) Pemalang itu diresmikan oleh Plt Bupati Pemalang, Kamis 26 Januari 2023. Lokasi USS ini berada di kompleks Rumah Pelayanan Sosial PGOT Karya Mandiri, Jalan Brigjen Katamso nomor 52, Kelurahan Sugihwaras.

Mansur Hidayat berharap, berdirinya USS di wilayah Kabupaten Pemalang ini memudahkan tugas dan kinerja Basarnas Semarang dalam misi pencarian dan pertolongan ketika terjadi musibah di wilayah Pemalang dan sekitarnya.

“Semoga unit baru ini dapat bekerja dengan maksimal, sehingga memberi manfaat bagi masyarakat Pemalang serta meningkatkan kualitas kinerja Basarnas Semarang.” ujar Mansur.

Selain itu, diharapkan USS Basarnas Semarang di Kabupaten Pemalang ini nantinya dapat bersinergi dan bekerja sama dengan Pemda maupun unsur-unsur yang ada di daerah dalam mengatasi berbagai persoalan kebencanaan dan kedaruratan.

“Ini kan gedungnya masih pinjam pakai, tapi kedepan barangkali kami bisa usahakan gedung yang lebih representatif.” jelasnya.

Sebagai informasi, wilayah kerja USS Pemalang ini mencakup 5 Kabupaten/Kota di wilayah pantura, antara lain Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, serta Kota Tegal.

Kepala Basarnas Semarang, Heru Suhartanto, mengatakan, Kabupaten Pemalang dipilih menjadi lokasi didirikannya USS Basarnas karena dinilai strategis. Disamping itu, Pemalang juga memiliki potensi kecelakaan dan bencana yang tinggi.

“Pemalang kan ada gunung dan laut. Sejak dibuka kami sudah menangani 5 kejadian. Kami disini siapkan 9 personil, kita siapkan juga kapal cepat di pelabuhan.” terangnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, USS dibantu para relawan potensi SAR di masing-masing wilayah. Kedepannya USS bakal berkoordinasi dengan BPBD dalam penanganan bencana di Kabupaten Pemalang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini