Terungkap! 49 Kepala SMP di Pemalang Setor Uang Syukuran ke Mukti Agung Wibowo

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Puluhan kepala SMP Negeri di Kabupaten Pemalang terungkap memberi upeti berdalih “uang syukuran” kepada Bupati Pemalang (nonaktif) Mukti Agung Wibowo atas pengangkatan jabatannya.

Itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pemalang, Abdul Rachman, saat diperiksa sebagai saksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin 16 Januari 2023.

“Dari 55 kepala sekolah yang dilantik, yang memberikan uang syukuran hanya 49 orang,” kata Abdul Rachman dalam sidang dugaan suap promosi jabatan terhadap Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo.

Abdul Rachman dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Bambang Setyo Widjanarko itu menuturkan, total uang yang diberikan kepada Mukti Agung Wibowo melalui orang kepercayaannya, Adi Jumal Widodo mencapai Rp 342 juta.

Dirinya juga menyebutkan, besaran uang syukuran yang diberikan para kepala sekolah tersebut bervariasi. “Setelah pelantikan langsung diingatkan oleh Pak Adi Jumal soal uang syukuran kepala sekolah,” jelasnya.

Diakui Abdul Rachman, pemberian uang yang mencapai Rp 230 juta itu diserahkan kepada Bupati Mukti Agung Wibowo melalui Adi Jumal Widodo. Uang itu diperuntukkan dana operasional bupati yang diserahkan secara bertahap pada Mei 2022.

“Pak Adi Jumal menyampaikan uang operasional untuk bupati karena menjelang Lebaran banyak kebutuhan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Bupati Pemalang (nonaktif) Mukti Agung Wibowo didakwa menerima suap dan gratifikasi terkait promosi dan mutasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang yang jumlahnya mencapai Rp 7,57 miliar.

Sidang terdakwa Mukti Agung Wibowo digelar secara hibrida. Dirinya menjalani persidangan dari ruang tahanan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) di Jakarta.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!