Hari Ini Ratusan Kades Pemalang Demo di DPR RI, Begini Tuntutannya

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan Kepala Desa (Kades) dari Kabupaten Pemalang bertolak ke Jakarta. Mereka berunjuk rasa di depan Gedung DPR RI bersama sekitar tiga puluh ribu Kades Se-Indonesia hari ini, Selasa 17 Januari 2023.

Sebanyak 157 Kades se- Pemalang yang tergabung dalam Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) ikut berunjuk rasa meminta revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa masuk Program Legislasi Nasional 2023.

Wakil Ketua I DPD Papdesi Jawa Tengah, Imam Wibowo, menyebut, tuntutan itu dilayangkan Kades lantaran beberapa pasal didalam UU tersebut termasuk produk turunannya sudah tidak pas dengan situasi dan kondisi di desa.

Salah satu poin tuntutannya adalah masa jabatan Kades yang semula satu periode 6 tahun, menjadi 9 tahun.

“Kepala desa kalau bisa jangan ada periodeisasi sebagaimana anggota DPR kan tidak ada periodeisasi, selama masyarakat menghendaki.” jelasnya kepada puskapik.com.

Selain itu dalam produk turunan UU tersebut, tutur Imam, juga mengatur Dana Desa (DD) yang membatasi realisasi keuangan dengan formula bentukan pemerintah pusat. Walhasil, desa seolah kehilangan marwahnya.

“Musyawarah desa (Musdes) itu kan keputusan tertinggi di desa, jadi percuma kalau ada peraturan menteri yang sudah mengikat seperti itu. Jadi desa hilang marwahnya.” paparnya.

“Termasuk soal tanah bengkok dan kas desa itu diatur juga oleh menteri keuangan terkait Sistem Keuangan Desa (Siskudes), harapan teman-teman Kades mestinya tidak mengatur sampai teknis segitu. Itu kan hak asal-usul desa.” imbuhnya.

Jika segala tata kelola keuangan diatur melalui peraturan tersebut, jelas Imam, pemerintah desa automatis kesulitan untuk melakukan penanganan masalah di desanya yang sudah dipetakan melalui musdes.

“Kita kesulitan melakukan penanganan seperti masalah kemiskinan ataupun infrastruktur yang sudah diprioritaskan. Apalagi untuk Kabupaten Pemalang sendiri anggarannya berkurang sampai Rp 68 miliar.” terang Kades Penggarit Pemalang itu.

Sebelumnya, ratusan Kades se-Kabupaten Pemalang itu berkumpul di Gandulan Culinary Center (GCC) Pemalang, Senin sore 16 Januari 2023. Mereka kemudian bertolak ke Jakarta menggunakan bus.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini