Marak Lotre di Depan Sekolah, Dindikbud Pemalang Layangkan Surat Larangan

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Maraknya Pedagang lotre berhadiah menarik yang dijajakan di depan sekolah membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pemalang resah dan mengambil sikap tegas.

Kepala Seksi Pengembangan Kurikulum Dindikbud Pemalang, Bambang Mujiono, mengatakan, Dindikbud bakal segera melayangkan surat edaran ke sekolah-sekolah terkait larangan pedagang lotre yang kerap melapak di depan sekolah.

“Ya, kami akan mengimbau sekolah untuk melarang pedagang lotre di depan SD,” jelasnya, Selasa 17 Januari 2023.

Alasannya, kata Bambang, lotre merupakan perjudian yang bisa membuat anak menjadi kecanduan. “Itu kan membuat membuat penasaran, misalnya bayar dua ribu ambil nomor, nanti bisa dapat hadiah.” ujarnya.

Larangan penjualan lotre ini merupakan satu diantara poin-poin dalam surat edaran yang akan dilayangkan ke seluruh SD di Kabupaten Pemalang. Selain larangan lotre, Dindikbud juga melarang siswa membawa mainan lato-lato ke sekolah.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pemalang bakal melarang mainan lato-lato masuk ke sekolah. Alasan kemanan jadi pertimbangan utama munculnya larangan ini.

Kepala Seksi SMP Dindikbud Pemalang, Sokhaeron, mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggodok surat edaran khusus yang menyikapi permainan lato-lato usai melakukan survei ke sekolah-sekolah, baik SD maupun SMP.

“Setelah survei, kita simpulkan memang cukup berbahaya. Maka sedang kita buat surat edaran larangannya, tapi itu tidak sepenuhnya melarang.” jelasnya kepada Puskapik.com, Jumat 13 Januari 2023.

Penulis : Minarni Salisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini