Dindikbud Pemalang Larang Siswa Bawa Lato-lato ke Sekolah

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pemalang bakal melarang mainan lato-lato masuk ke sekolah. Alasan kemanan jadi pertimbangan utama munculnya larangan ini.

Kepala Seksi SMP Dindikbud Pemalang, Sokhaeron, mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggodok surat edaran khusus yang menyikapi permainan lato-lato usai melakukan survei ke sekolah-sekolah, baik SD maupun SMP.

“Setelah survei, kita simpulkan memang cukup berbahaya. Maka sedang kita buat surat edaran larangannya, tapi itu tidak sepenuhnya melarang.” jelasnya kepada Puskapik.com, Jumat 13 Januari 2023.

Sokhaeron menjelaskan, surat edaran yang tengah digarap Dindikbud Pemalang itu tidak melarang permainan lato-lato. Melainkan hanya melarang murid membawa mainan lato-lato ke sekolah, karena mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Keamanan anak menjadi pertimbangan utama dibentuknya surat edaran tersebut. Disamping itu, imbuh Sokhaeron, jika anak kecanduan sebuah permainan pastinya secara psikis mempengaruhi kesiapan anak tersebut dalam menerima pelajaran.

“Kalau sudah turun nanti kita edarkan ke sekolah SD maupun SMP, ya kira-kira pekan depan.” tuturnya.

Sementara itu dari Bidang Pengembangan Kurikulum Dindikbud Pemalang, Bambang Mujiono, menambahkan, surat edaran larangan membawa mainan lato-lato tersebut nantinya difokuskan ke jenjang SD.

“Di surat tersebut nanti akan dijelaskan alasan kenapa dilarang,” terangnya.

Seperti diketahui, demam mainan lato-lato tengah merebak di kalangan bocah. Tak terkecuali di Kabupaten Pemalang. Pedagang mainan yang kini tengah viral itu pun bisa kita jumpai di setiap sudut kota.

Penulis : Minarni Salisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini