Cuaca Buruk Tak Bisa Melaut, Ribuan Nelayan Asemdoyong Pemalang Dapat Bantuan Beras

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ribuan nelayan di Desa Asemdoyong Kabupaten Pemalang mendapat bantuan beras paceklik. Puluhan ribu ton beras digelontorkan untuk membantu mereka yang selama ini tak bisa melaut akibat cuaca buruk.

Sebanyak 47 ton beras diberikan Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Miyoso Makmur Desa Asemdoyong kepada nelayan setempat. Bantuan diserahkan Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat di TPI Asemdoyong, Selasa 10 Januari 2023.

“Alhamdulillah kita lihat semua bisa mendapatkan bantuan beras, yang jika ditotal sejumlah 47.367 kilogram kepada nelayan. Ada 5.922 nelayan.” tutur Mansur Hidayat disela-sela penyerahan bantuan.

Seperti diketahui, cuaca ekstrem yang terjadi sejak akhir tahun 2022 lalu menyebabkan nelayan di pesisir Kabupaten Pemalang terpaksa tak bisa melaut. Kenyataan pahit ini mereka terima demi keselamatan para awak.

“Jadi bantuan beras ini diberikan untuk menopang kebutuhan hidup mereka selama tidak melaut. Masing-masing mendapatkan 8 kilo beras,” terang Mansur.

Dalam kesempatan itu, Mansur bercengkrama langsung dengan para nelayan Desa Asemdoyong dan mendengar aspirasi mereka. Salah satunya mengenai alat pendeteksi ikan untuk memaksimalkan hasil tangkapan nelayan.

“Akan kita anggarkan untuk alat pendeteksi itu, jadi nelayan lebih mudah dalam mencari ikan. Jadi mereka langsung bisa ke tempat ikan berkumpul,” tuturnya.

Lebih lanjut Plt Kepala Dinas Perikanan (Disperik) Pemalang, Supaat, mengungkapkan, jumlah tangkapan nelayan di Kabupaten Pemalang setiap tahunnya mengalami peningkatan, namun harus terus didorong agar maksimal.

“Terkait alat itu (pendeteksi ikan) akan kita anggarkan agar nelayan bisa lebih mudah mencari ikan dan mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini