Akhirnya Dipulangkan, Besok Jenazah 6 ABK asal Pemalang Tiba di Rumah Duka

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Jenazah enam Anak Buah Kapal (ABK) asal Pemalang akhirnya bisa dipulangkan setelah sempat terkatung-katung di Pulau Kambing, Madura, akibat cuaca ekstrem. Diperkirakan jenazah tiba di rumah duka besok.

Kabar kepulangan enam jenazah itu disampaikan Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pemalang, Abdul Hasan, saat dihubungi puskapik.com via telepon, Jumat malam 6 Januari 2023.

“Ya, informasi dari Tegal (KM Anugrah Bhakti) kemungkinan jenazah bisa turun ke darat sekitar jam 1 malam, mengingat kondisi pelabuhan kapal sesak.” ungkap Hasan.

Saat ini, kata Hasan, pihak Tegal tengah mengupayakan untuk penyeterilan jalan kapal, agar kapal bisa merapat sampai ke dermaga. “Rencana di autopsi dulu, kemudian dipulangkan ke rumah duka. Sampai di rumah duka besok pagi.” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Minggu 25 Desember 2022, Ketua HNSI Pemalang, Abdul Hasan, mendesak pemerintah segera turun tangan menjemput jenazah 6 Anak Buah Kapal (ABK) yang diduga tewas akibat keracunan gas freon freezer.

Pasalnya kapal KM Anugrah Bhakti yang membawa jenazah 6 ABK tersebut terjebak di Pulau Kambing, Madura, terkendala cuaca. Disamping itu, sudah seminggu lamanya 6 ABK tersebut menghembuskan nafas terakhir.

“Kami mendesak agar ada penanganan khusus dari pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat, misalnya jenazah dijemput menggunakan helicopter Basarnas.” ungkap Hasan kepada puskapik.com.

Hasan menuturkan, cuaca ekstrem yang terjadi saat ini menjadi kendala yang tak menentu bagi kepulangan 6 jenazah ABK asal Kabupaten Pemalang tersebut. Sementara keluarga mereka sudah menanti-nanti di rumah.

Seperti diketahui, enam ABK asal Kabupaten Pemalang tewas saat melaut di perairan Bali. Mereka diduga tewas akibat menghirup gas freon ruang pendingin penyimpanan ikan di dalam kapal pada Senin 19 Desember 2022.

Dari enam ABK yang meninggal dunia itu lima diantaranya merupakan warga Kelurahan Sugihwaras. Sedangkan satu sisanya warga Desa Lawangrejo Kecamatan Pemalang.

Berikut data enam ABK asal Kabupaten Pemalang yang meninggal dunia :

1. Carmadi (48), Tanjungsari RT 01 RW 05 Kelurahan Sugihwaras, Pemalang.
2. Takhroni (63), RT 02 / 016 Kelurahan Sugihwaras, Pemalang
3. Selamet Waluyo (20), Jalan Brigjen Katamso RT 01 RW 015 Kelurahan Sugiwaras, Pemalang.
4. Tosa Hasanudin (24), Krasak RT 02 RW 016 Kelurahan Sugihwaras, Pemalang
5. Zoni Irham Romadhoni (23), Sugihwaras RT 01 RW 06 Kelurahan Sugiwaras, Pemalang.
6. Rosid, Desa Lawangrejo, Pemalang

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini