Monumen Nanas di Alun-alun Pemalang Bakal Diganti Patung Kyai Makmur

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Monumen Nanas Madu di Alun-alun Kabupaten Pemalang rencananya bakal diganti monumen tokoh ulama sekaligus mantan Bupati Pemalang, Kyai Makmur, setelah mendapat saran tokoh masyarakat.

“Iya benar nanti disitu (tempat monumen nanas) akan dibangun monumen patung pahlawan Kabupaten Pemalang yaitu Bupati Pemalang Kyai Makmur.” ujar Mansur Hidayat, Plt Bupati Pemalang, Selasa 3 Januari 2023.

Monumen Nanas Madu ditengah-tengah Alun-alun Kabupaten Pemalang itu, kata Mansur, nantinya akan dipindahkan ke tempat yang lebih strategis seperti gerbang masuk kota ataupun exit tol.

Meski sudah direncanakan, ia menjelaskan keputusan penempatan patung monumen itu tetap ditangan masyarakat Pemalang. Segala saran dan masukan masyarakat terkait rencana tersebut akan didengarkan dan dipertimbangkan.

“Kita tidak memaksakan untuk diubah, semua kembalikan ke masyarakat, Pemkab hanya menerima aspirasi dan merealisasikannya.” terangnya.

Mansur mengungkapkan, rencana mengubah Monumen Nanas Madu menjadi Monumen Kyai Makmur muncul setelah adanya saran dari organisasi pejuang yaitu Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kabupaten Pemalang.

“Maka kami rencakan dan anggarkan,” jelasnya.

Sementara itu Plt Kepala Disperkim Pemalang, Iing Winarso, menjelaskan perkiraan anggaran yang akan digunakan dalam pembangunan monumen tersebut berkisar Rp300 juta.

Namun demikian, kata Iing Winarso, dari nilai anggaran tersebut masih bisa bertambah dengan melihat kebutuhan pembangunan, apakah nantinya sekedar direhabilitasi atau dirombak total.

“Desainnya nanti selain patung monumen pahlawan disekelilingnya juga akan dibuat relief yang menceritakan perjuangan rakyat Pemalang saat melawan penjajah.” jelas Iing Winarso.

“Dan kemungkinan akan mulai di bangun pertengahan tahun ataupun akhir tahun melihat kemampuan anggaran yang ada.” imbuhnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini