Rob Kembali Terjang Pesisir Ulujami Pemalang, Ribuan Rumah Terendam

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Banjir rob kembali menerjang wilayah pesisir Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, Jumat 2 Desember 2022. Akibatnya ribuan rumah warga di delapan desa terendam. Ketinggian air rob bahkan mencapai 70 sentimeter.

Diketahui rob menerjang delapan desa di Kecamatan Ulujami sejak pukul 01.00 WIB dini hari. Desa-desa tersebut yaitu Blendung, Kaliprau, Pesantren, Tasikrejo, Ketapang, Mojo, Kertosari, dan Limbangan.

“Penyebabnya banjir curah hujan dan air laut pasang dari jam 01.00 sampai 06.00 WIB pagi tadi.” tutur Joko Sutrisno, Camat Ulujami, kepada puskapik.com.

Setidaknya ada 1.936 rumah dengan 4.996 jiwa di delapan desa wilayah Kecamatan Ulujami tersebut yang tergenang air rob. Tak hanya rumah warga, sejumlah fasilitas umum dan puluhan hektare perkebunan pun tak luput dari terjangan rob.

“Sore ini air rob berangsur surut. Namun ada indikasi rob semakin rutin dan tinggi akibat tanggul pantai yang dibangun di Kabupaten Pekalongan oleh pemerintah pusat.” kata Joko.

Joko menuturkan, Pemerintah Kecamatan Ulujami sudah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pemalang agar menyiapkan kebutuhan logistik dan makanan siap saji untuk warga terdampak rob.

“Personel Koramil dan Tim SAR serta relawan bersiap untuk antisipasi kejadian susulan. Kami juga menyiapkan posko penanggulangan bencana dan melakukan monitoring (patroli).” jelasnya.

“Kami motivasi warga agar sabar dan mau bersahabat dengan bencana rob, meski bantuan penanggulan pantai tetap masih sangat diharapkan.” tandas Joko Sutrisno dalam keterangannya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini