Wow! Mangga Istana Pemalang Bakal Diekspor Besar-besaran ke Singapura

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Mangga istana khas Desa Penggarit Kabupaten Pemalang bakal diekspor besar-besaran ke Singapura setelah kelezatannya berhasil mencuri perhatian para pengusaha dari negeri singa.

Hal itu disepakati dalam forum Agribussines Working Group (AWG) Indonesia-Singapura yang digelar di Hotel Sahid Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis 17 November 2022.

Diketahui, AWG Indonesia-Singapura adalah sebuah forum diskusi dan kerjasama antara produsen/petani buah dan sayur dari Indonesia dengan para pembeli dari Singapura yang difasilitasi oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI.

Mangga varietas Arumanis dari Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang yang kondang dengan nama “Mangga Istana” menjadi salah satu produk unggulan yang dipamerkan dalam forum tersebut.

Kepala Desa Penggarit, Imam Wibowo, bersama Ketua Kelompok Tani Mangivera, Slamet Mulyono, diundang dalam forum itu untuk berhadapan langsung dengan para pengusaha dari Singapura dan menawarkan produk unggulan desanya.

“Beberapa buyer dari Singapura sepakat untuk bisa membeli mangga istana dalam jumlah besar dan berkelanjutan.” kata Imam kepada Puskapik.com.

Setelah mendapatkan kesepakatan tersebut, kedepannya Pemerintah Desa Penggarit dan kelompok tani akan segera mempersiapkan segala sesuatunya terkait rencana ekspor mangga ke Singapura.

“Nanti kita akan dibantu Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI untuk proses expor tersebut.” ungkap Imam Wibowo.

Imam Wibowo berharap rencana ekspor ke Singapura ini bisa menaikkan harga mangga istana di tingkat petani. Terutama saat panen raya, dimana harga mangga biasanya jatuh karena stok yang melimpah.

“Kita juga berkomunikasi dengan para investor untuk bisa menciptakan produk turunan (olahan) mangga.” tandasnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini