Peringati Sumpah Pemuda, Ikasma Beri Beasiswa ke Siswa-siswi SMA Negeri 1 Tegal

0

PUSKAPIK.COM, Tegal – Ikatan Alumni SMA Negeri 1 (Ikasma) Kota Tegal mengadakan Training Motivasi dan Penyerahan Beasiswa kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Tegal sebagai wujud kepedulian alumni kepada sekolahnya.

Acara digelar di Aula SMA Negeri 1 Kota Tegal itu, Kamis 27 Oktober 2022, dihadiri Ketua Umum Ikasma Tegal, Dr Tafakurrozak dan Ketua Alumni SMA 1 Tegal Angkatan 1991 serta para Alumni SMA 1 Tegal Angkatan 1991 sebagai panitia acara.

Tafakurrozak dalam sambutannya mengatakan, training motivasi dan pemberian siswa merupakan bentuk sinergitas, kolaborasi dan wujud kepedulian para alumni terhadap pengembangan SMA Negeri 1 dan siswa-siswinya.

“Hampir setiap tahun para alumni melalui Ikasma memberikan beasiswa. Tahun ini ada 140 anak dari kelas X sampai kelas XII yang dipilih pihak SMA Negeri 1 Kota Tegal,” kata Tafakurrozak

Dalam acara ini beasiswa diberikan kepada 20 peserta didik. Tafakurrozak berharap pemberian beasiswa bisa membantu siswa-siswi untuk mendukung pembelajaran, seperti membeli buku dan keperluan sekolah lainnya.

“Dengan momentum hari Sumpah Pemuda, para siswa-siswi diharapkan akan termotivasi untuk terus belajar agar menjadi generasi penerus yang berahlak , cerdas dan berwawasan luas,” harap Tafakurrozak.

Sarnapi selaku Ketua Alumni SMA 1 Kota Tegal Angkatan 91 sekaligus Ketua Panitia Training Motivasi dan Penyerahan Beasiswa mengatakan, bahwa kegiatan training motivasi merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Agenda ini sempat terhenti selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

“Untuk tahun ini kembali diadakan dan merupakan training motivasi yang kedelapan digelar di SMA 1 Tegal. Tujuannya, untuk memberikan motivasi, memberikan solusi kepada siswa kelas XII, karena dipaparkan tentang bidik misi, kisi-kisi untuk menuju jenjang perkuliahan,” ungkap Sarnapi.

Sarnapi menambahkan, beasiswa diberikan secara rutin setiap tahun. Mereka yang mendapatkan beasiswa adalah siswa SMA Negeri 1 Kota Tegal, dan merupakan siswa yang kurang mampu.

Kepala SMA Negeri 1 Kota Tegal Rosa Herawati mengatakan, selama ini hubungan antara alumni SMA Negeri 1 Kota Tegal yang sudah tersebar diberbagai daerah dengan pihak sekolah maupun peserta didik masih berjalan dengan baik.

Kegiatan para alumni bertujuan untuk semakin mempererat rasa kebersamaan sesama alumni kerap digelar dengan melibatkan pihak sekolah maupun peserta didik. Termasuk kegiatan training motivasi yang memberikan semangat kepada siswa-siswi agar terus belajar untuk meraih cita-citanya.

“Maupun pemberian beasiswa bagi siswa yang kurang mampu merupakan wujud kepedulian dan dukungan terhadap siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Tegal agar terus maju dan sukses,” terang Rosa.

Yuki Trisnoaji, salah satu siswa Kelas XII yang mendapatkan beasiswa merasa senang mendapatkan beasiswa dari Ikasma. Dirinya menuturkan akan terus giat belajar untuk bisa menjadi orang sukses seperti alumni-alumni sebelumnya yang sudah menjadi orang besar dan sukses.

“Saya bertekad untuk meraih kesuksesan agar kelak juga bisa memberikan sumbangsih kepada sekolah, seperti yang dilakukan para alumni sekarang,” ujarnya.

Kontributor : Wijayanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini