Pemalang Terjunkan Atlet Disabilitas di Kejurprov NPCI Jateng 2022

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Atlet-atlet penyandang disabilitas (Difabel) Kabupaten Pemalang mengikuti Kejuaraan Olahraga Provinsi (Kejurprov) National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Jawa Tengah 2022 di Solo pada 25-27 Oktober 2022.

Mereka dilepas oleh Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, dan Kepala Disparpora Pemalang, Mualip, Minggu 23 Oktober 2022. Acara pelepasan kontingen atlet Kejurprov NPCI Jateng itu digelar di Ruang Peringgitan Kantor Bupati Pemalang.

“Kita apresiasi para atlet yang akan mengikuti kejuaraan provinsi di Surakarta. Karena ini adalah membawa nama baik Kabupaten Pemalang,” kata Mansur dalam acara pelepasan itu.

Diketahui, rupanya acara pelepasan atlet difabel ini adalah kali pertama dalam sejarah NPCI Pemalang. Meskipun atletnya pernah mengahrumkan nama daerah dengan menyabet juara tingkat nasional dan mendapat mendali emas Asean Games di Vietnam.

Mansur menyatakan, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Pemalang memberi perhatian sama terhadap semua atlet olahraga. Baik atlet yang dinaungi KONI mapun NPCI.

“Kita perhatian semuanya. Tidak pilih-pilih, semua harus kita perhatikan,” tegasnya.

Menurut Mansur, kehadirannya secara pribadi dalam pelepasan tersebut sebagai bukti atas dukungannya kepada atlet-altlet NPCI Kabupaten Pemalang.

“Semoga dukungan ini dapat menambah semangat. Pesan saya, jangan lupa siapkan mental, siapkan kesehatan dengan baik.”

“Doa dan pesan saya, tetap bersemangat walaupun dalam keterbatasan. Dalam ajang kejuaraan ini, semoga mendapat prestasi yang terbaik,” imbuhnya.

Bahkan, Mansur juga menyampaikan akan menambah anggaran pembinaan bagi para atlet difabilitas. Melalui NPCI, Mansur berjanji akan menambah anggaran dari APBD Perubahan Kabupaten Pemalang Tahun 2022.

“Di anggaran perubahan ini, tadi sudah saya perintahkan kepada Kepala Disparpora Pemalang untuk menambah anggaran pembinaan,” ujar Mansyur.

Ketua NPCI Kabupaten Pemalang, Aditya Nugraha, secara khusus menyatakan terima kasih kepada Mansur Hidayat. Ia mengaku terharu atletnya mendapat kesempatan dilepas oleh bupati untuk berangkat ke Kejurprov itu.

“Saya terharu akhirnya temen-temen atlet difabilitas mendapat kehormatan ini. Untuk itu, saya sangat berterima kasih kepada bapak Mansur, baik atas berkenannya melepas maupun perhatian dan dukungan anggaran pembinaannya,” ungkapnya.

Menurut Aditnya, NPCI Kabupaten Pemalang semula akan mengirimkan 10 atletnya di Kejurprov NPCI Jateng 2022. Namun karena ada 3 atlet yang berhalangan, akhirnya hanya mengirimkan 7 atlet.

Ketujuh atlet tersebut antara lain Waludi, Untung Jaya, Muhamad Farid, Agistia, Nurjanah, Kiki Prasetyo dan Bayu Nufa’i. Atlet difabel tuna daksa dan tuna netra itu akan terjun di cabang olahraga lari, tolak peluru, lempar lembing dan Catur.

Disampaikan Aditnya, sebenarnya potensi atlet difabilitas cukup banyak. Dari 90 atlet yang tergabung di NPCI, sebanyak 50 atlet sudah layak untuk berlaga di kejurprov Jateng. Namun terkendala anggaran.

“Karena keterbatasan anggaran, kita sesuaikan dengan kemampuan dan ketersediaan. Dengan tadi akan dapat dukungan dari Pak Masur, semoga dikesempatan yang akan datang bisa melibatkan lebih banyak atlet,” tandasnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini