Wow! Begini Ramainya Festival Mangga di Penggarit Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Desa wisata Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang kembali menggelar Festival Mangga setelah sempat absen akibat pandemi Covid-19, Sabtu 22 Oktober 2022.

Pesta panen raya mangga ini disambut warga dengan penuh antusias. Sejak pagi, ribuan warga berbondong-bondong datang dan memadati Lapangan Desa Penggarit tempat digelarnya festival mangga itu.

Tradisi kirab pasangan pengantin Pangeran Wirasangka dan Dewi Arumanis membuka acara pesta panen raya mangga ini. Pengantin tersebut adalah simbol perkawinan dua jenis mangga yang melahirkan mangga istana khas Desa Penggarit.

Keduanya dikirab dari makam Pangeran Benowo menuju lokasi acara. Setelah prosesi kirab rampung, perhatian ribuan warga pun beralih ke gunungan mangga yang berada tepat ditengah-tengah lapangan.

Mereka bersiap untuk mengikuti “grebeg mangga” yang menjadi tradisi inti dari acara festival mangga ini. Ribuan warga menyemut ditengah lapangan, kemudian berebut gunungan mangga setinggi 3 meter dengan total 12.000 buah mangga.

“Desa kami memiliki 50 hektare kebun mangga dengan total 12.000 batang pohon. Satu pohon menyumbang satu buah mangga untuk membuat gunungan.” jelas Imam Wibowo, Kepala Desa Penggarit.

Imam mengungkapkan, acara dua tahunan ini digelar atas inisiatif para petani mangga. Tak hanya sekedar tradisi, festival ini juga merupakan upaya petani menjaga harga mangga yang terpuruk saat panen raya.

“Jadi saat panen raya stok melimpah, akibatnya harga mangga turun. Maka melalui festival ini harapannya bisa menjaga stabilitas harga atau bahkan bisa menaikkan harga mangga sedikit lebih tinggi.” jelasnya.

Sebagai informasi, festival mangga ini berlangsung selama dua hari, tanggal 22 – 23 Oktober 2022. Selain menyuguhkan beragam tradisi dan atraksi budaya, pesta panen raya mangga itu juga diramaikan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini