SMP Negeri 1 Kota Tegal Sukses Gelar Lustrum Akbar, Dihadiri Alumni Tertua 1961

0

PUSKAPIK.COM, Tegal – Untuk pertama kalinya SMP Negeri 1 Kota Tegal menggelar Lustrum Akbar dengan berbagai kegiatan yang meriah. Acara nostalgia sekolah ini berhasil menghadirkan ribuan alumni, bahkan dari angkatan tertua tahun 1961.

Puncak acara Lustrum Akbar SMP Negeri 1 Kota Tegal itu berlangsung hari ini, Minggu 9 Oktober 2022, diisi dengan pertunjukan pentas seni serta Bazar UMKM yang menampilkan berbagai macam stand produk UMKM para alumni.

“Ada pula Bazar UMKM yang diikuti 46 stand dari alumni SMP 1 Tegal, pentas seni alumni dan siswa siswi,” ungkap Erwin Sabariman, Ketua Panitia Lustrum Akbar tahun 2022 SMP Negeri 1 Kota Tegal disela-sela acara.

Rangkaian kegiatan Lustrum Akbar ini dimulai sejak tanggal 8 Agustus 2022 lalu dengan acara gowes bareng, kemudian dilanjutkan 1 Oktober 2022 kegiatan bakti sosial kepada warga sekitar lingkungan SMP Negeri 1 Kota Tegal.

Selain itu, ada juga acara jalan santai pada tanggal 8 Oktober 2022 yang diikuti sebanyak 2.500 lebih peserta dari angkatan 1960 sampai 2022 dan Pagelaran Wayang Santri oleh Ki Dalang Haryo Entus Susmono, yang merupakan alumni angkatan 2009.

Erwin menjelaskan, Lustrum adalah pagelaran semacam Ulang Tahun SMP Negeri 1 Kota Tegal yang berdiri tahun 1958. “Jadi kalau bicara Lustrum, ini adalah Lustrum Akbar yang pertama kali. Angkatan yang hadir dari tahun 1961 sampai 2022,” ungkapnya.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, yang hadir pada puncak acara Lustrum Akbar tahun 2022 SMP Negeri 1 Kota Tegal memberikan apresiasi kepada seluruh civitas SMP Negeri 1 Kota serta para alumni atas terselenggaranya Lustrum Akbar SMP Negeri 1 Kota Tegal.

“Selamat dan sukses saya ucapkan kepada seluruh Civitas SMP Negeri 1 Kota Tegal dan iuga para alumni atas terselenggaranya Lustrum Akbar ini,” kata Dedy Yon.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal, M Ismail Fahmi memaparkan, Gebyar Lustrum Akbar SMPN 1 Tegal merupakan hal yang membanggakan.

“Karena bukan hanya untuk ajang silaturahmi, tetapi juga pembelajaran siswa-siswi agar mereka aktualisasi nanti, bisa dapat pengalaman langsung dari para alumninya,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMPN 1 Kota Tegal, Dra Listiana Kusuma Wardani, yang menyebut tema Gebyar Lustrum Akbar yakni Bergerak Bersama Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

“Sebab, hampir semua guyub rukun menyukseskan acara ini. Mulai dari alumni, orang tua, siswa, komite dan masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Salah satu alumni SMPN 1 Tegal tahun 1963, Marsekal Muda TNI AU (Purn) Purnomo Basuki, mengapresiasi adik-adik maupun senior yang masih bergulir dengan kebersamaan. Pasalnya, kebersamaan itulah sumber dari kemajuan.

“Kita berbagi ilmu, pengalaman untuk memajukan SMPN 1 Tegal. Saya juga berharap generasi saat ini dapat ulet bekerja, belajar dan jujur. Karena kejujuran sangatlah mutlak untuk menggapai cita-cita,” pungkasnya.

Kontributor : Wijayanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini