Ada Audisi Pengantin Mangga di Penggarit Pemalang untuk Dikirab Saat Panen Raya

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Tak lama lagi panen raya mangga di Desa Penggarit Kabupaten Pemalang tiba. Uniknya, dalam setiap perayaan panen mangga ini akan ada sepasang pengantin mangga yang dikirab ramai-ramai oleh warga desa.

Pasangan pengantin mangga tersebut merupakan simbol dari perkawinan dua jenis mangga yang melahirkan Mangga Istana khas Desa Penggarit yang sudah tersohor ke berbagai daerah karena rasanya yang sangat manis.

“Jadi Mangga Istana itu hasil dari perkembangbiakkan vegetatif atau stek antara mangga varietas Wirasangka dan Arumanis.” jelas Imam Wibowo, Kepala Desa Penggarit, Sabtu 8 Oktober 2022.

Tak sembarangan, pasangan pengantin mangga yang bakal dikirab dalam gelaran Festival Mangga 2022 ini dipilih melalui audisi yang digelar di Benowo Park Desa Penggarit. Ada puluhan pria dan wanita yang antusias mengikuti audisi tersebut.

Para pria dan wanita peserta audisi pengantin mangga itu datang dari berbagai wilayah Kabupaten Pemalang. Mereka berkompetisi di hadapan dewan juri untuk menjadi yang terbaik, agar terpilih menjadi Pangeran Wirasangka dan Dewi Arumanis.

“Syarat peserta audisi pengantin mangga ini ya yang pasti single (Lajang), kemudian berusia 17 sampai dengan 25 tahun.” ujar Imam Wibowo.

Nantinya pada saat acara Festival Mangga, kata Imam, pasangan pengantin yang lolos audisi itu bekal mengikuti ritual. “Mereka akan dikirab ramai-ramai mulai dari Makam Pangeran Benowo ke tempat acara festival mangga.” jelasnya.

Total ada sebanyak 21 peserta yang mengikuti audisi pengantin mangga itu. Setelah melalui penilaian, dewan juri memutuskan Mahrus Darmaputra dan Rinjani Khanza Shafira menjadi Pangeran Wirasangka dan Dewi Arumanis.

Mahrus dan Rinjani nantinya menjadi pasangan pengantin yang dikirab dalam Festival Mangga 2022, tepatnya tanggal 22-23 Oktober 2022 di Lapangan Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini