KPK Tangkap Komisioner KPU asal Banjarnegara Wahyu Setiawan

0
Komisioner KPU Wahyu Setiawan dilaporkan tertangkap tangan KPK saat transaksi suap, Rabu (8/1/2020). FOTO/ISTIMEWA

JAKARTA (PUSKAPIK) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jakarta, Rabu (8/1/2020). Sejumlah orang dilaporkan diamankan dalam operasi tersebut, salah satunya Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

“Komisioner KPU atas nama WS,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (8/1/2020).

Wahyu Setiawan, pria kelahiran Banjarnegara 5 Desember 1973 itu diduga terlibat dalam transaksi suap bersama pihak lain. Namun, Firli mengaku belum bisa mengungkapkan siapa pihak lain tersebut. “Pemberi dan penerima suap kita tangkap,” katanya.

Terpisah, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata membenarkan adanya OTT, Rabu (8/1/2020) siang, terhadap sejumlah orang, termasuk komisioner KPU berinisial WS. Namun, Alexander Marwata belum bisa memastikan pihak lain yang diduga adalah seorang anggota DPR.

“Informasi awal seperti itu, Komisioner KPU inisial WS diamankan Rabu siang. Tapi apakah ada anggota DPR yang juga diamankan, saya belum dapat informasi,” katanya.

Alexander memastikan penangkapan WS telah melalui proses penyelidikan, termasuk pemantauan di lapangan. WS bersama pihak lain ditangkap setelah terjadi transaksi serah-terima uang. Namun nilai uang dalam transaksi itu belum diketahui pasti, apakah ratusan juat atau miliaran rupiah.

“Ada barang bukti berupa uang yang juga diamankan tim. Jumlahnya berapa masih didalami penyelidik dan penyidik,” ujarnya. (FM)