Hari Batik Nasional, Mansur Ajak Warga Lestarikan Batik Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, mengajak warga Kabupaten Pemalang untuk melestarikan batik sebagai salah satu kekayaan bangsa Indonesia, khususnya batik khas Pemalang.

Ajakan tersebut  disampaikan Manasur Hidayat saat menghadiri Car Free Day di kawasan Alun-alun Kabupaten Pemalang, Minggu 2 Oktober 2022 pagi, bertepatan peringatan Hari Batik Nasional.

“Mari kita lestarikan salah satu budaya atau kekayaan bangsa Indonesia, salah satu kekayaan bangsa Indonesia adalah Batik, mari kita pakai Batik untuk melestarikan budaya asli dari Indonesia.”  ajaknya.

Mansur menuturkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang diwajibkan memakai batik khas Pemalangan di hari Rabu dan Kamis sebagai wujud upaya melestarikan batik.

“Sudah dicontohkan di kabupaten Pemalang  ASN / PNS memakai batik Pemalang berarti 2 hari, Rabu dan Kamis artinya biar kita sama sama mengenakan dan melestarikan batik Pemalang.” paparnya.

Sementara itu, Fatwa Diana Wid, Pemilik Batik Arta Kencana Pemalang yang juga menjadi nasarumber dalam kegiatan tersebut mengatakan, batik adalah warisan budaya tak benda dari Indonesia yang telah di akui oleh UNESCO.

“Ini tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik yang sudah di akui oleh UNESCO bahwa batik adalah warisan budaya tak benda dari Indonesia,” ucapnya.

Sebagai informasi, batik diakui UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi dalam sidang keempat Komite Antar-Pemerintah pada 2 Oktober 2009 silam.

Pengakuan dari UNESCO tersebut pun mendorong Presiden Indonesia waktu itu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Hal tersebut diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 yang diterbitkan oleh SBY pada 17 November 2009.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini