Keraton Surakarta Bentuk Prajurit di Bekas Wilayah Galuh Purba

0

PUSKAPIK.COM, Banyumas – Keraton Surakarta Hadiningrat tengah menggalang prajurit di sejumlah daerah Pantura dan Eks Karesidenan Banyumas, tepatnya di daerah-daerah yang masuk wilayah bekas Kerajaan Galuh Purba.

Para prajurit itu tergabung dalam Prajurit Karaton Surakarta Galuh Purba Mataram (Prakarsa Garba Mataram), dibawah bimbingan Kanjeng Pangeran Haryo Adipati (KPHAd) Panembahan Pakoenegoro yang dikenal dengan nama Candra Malik.

Hari ini, Minggu 25 September 2022, belasan prajurit dari berbagai daerah menjalani wisuda kekancingan Karaton Surakarta Hadiningrat. Mereka diwisuda langsung oleh Sinuhun Tedjowulan.

Upacara penyematan kekancingan dari Karaton Surakarta Hadiningrat itu berlangsung di Pendopo Gandha Arum kompleks Makam Kyai Sapanyana, Desa Bogangin, Kecamatan Simpiuh, Kabupaten Banyumas.

“Prakarsa Garba Mataram ini fokusnya memberikan edukasi di bidang pendidikan, seni, dan budaya.” terang Ketua umum Prakarsa Garba Mataram, K.R.H.T Dimas Sastrowinoto, kepada Puskapik.com.

Paguyuban abdi dalem Keraton Surakarta Hadiningrat ini sejatinya sudah resmi dibentuk sejak Juni 2022 lalu. Para prajurit ini mengemban tugas untuk menjaga dan melestarikan budaya Jawa di masing-masing wilayahnya.

“Khususnya ke anak-anak muda, agar mereka nguri-uri budaya Jawa, termasuk sejarah-sejarahnya.” kata Dimas.

Prakarsa Garba Mataram tersebar di Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banyumas, Kota Purwokerto, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

“Karena daerah-daerah di lereng Gunung Slamet ini dulunya masuk wilayah Kerajaan Galuh Purba.” jelas Dimas.

Para abdi dalem anggota Prakarsa Garba Mataram ini datang dengan berbagai latar belakang. Mulai dari seniman, sastrawan, pemerhati budaya, dan lain sebagainya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini