Tok! Kecamatan Belik Pemalang Mekar, Sodong Basari Disahkan Jadi Desa

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Sodong Basari kini resmi menjadi desa definitif di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang setelah melalui perjalanan panjang lebih dari 10 tahun lamanya.

Peresmian sekaligus pelantikan pejabat (Pj) Kepala Desa Sodong Basari berlangsung pagi tadi, Kamis 22 September 2022, oleh Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, Kamis 22 September 2022.

Staff Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Pemalang, Suwarno, ditunjuk menjadi Pj Kepala Desa Sodong Basari. Dalam sambutannya, Mansur mewanti-wanti Suwarno agar bekerja profesional.

“Saya minta untuk segera melakukan koordinasi dan konsolidasi internal maupun eksternal, sebagai upaya mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang efektif, efisien serta akuntabel.” ujaranya.

Mansur juga meminta agar Suwarno mempersiapkan pelayanan publik untuk kesejahteraan rakyat, serta mampu menjaga situasi keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Ciptakan sinergitas yang kuat antar komponen masyarakat di Desa Sodong Basari, sehingga tercipta iklim yang positif dalam mendukung berbagai program pembangunan desa.” tandasnya.

Sebagai informasi, Desa Sodong Basari merupakan pemekaran dari Desa Sikasur. Ide pemekaran desa ini berawal dari jajak pendapat masyarakat Dusun Sodong pada Desember 2009 silam.

Saat itu, 96.95% suara menyetujui dibentuknya Desa Sodong. Setelah dilakukan observasi, usulan pembentukan atau pemekaran Desa Sikasur tersebut dapat ditindaklanjuti.

Observasi dilakukan dari segi batas usia Desa Induk, jumlah penduduk, sosial budaya, sumber daya yang meliputi, SDM, SDA dan sumber daya ekonomi pendukung dan lain sebagainya.

Kabupaten Pemalang sendiri memiliki 211 Desa, 11 Kelurahan, dan 14 Kecamatan. Dengan diresmikannya Sodong Basari, maka jumlah desa di Kabupaten Pemalang kini menjadi 212.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini