Tiga Jembatan Penghubung Pemalang-Pekalongan Diresmikan

0
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, meresmikan 3 jembatan penghbung Pemalang-Pekalongan. Peresmian dipusatkan di Jembatan Kesesi, Selasa (7/1/2020) (Foto: Puskapik/Istimewa)

PEMALANG (PUSKAPIK)– Tiga jembatan yang menghubungkan Kabupaten Pemalang dengan Kabupaten Pekalongan, Selasa, (7/1/2020), diresmikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tiga jembatan tersebut, jembatan Kesesi, Polaga, dan Kalikeruh. Peresmian yang dipusatkan di Jembatan Kesesi ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur.

Proyek dengan nama penggantian jembatan Kesesi ini menghubungkan antara Desa/Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan dengan Desa Kesesirejo Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Jembatan mempunyai panjang 160 meter ini dibiayai dana APBD Jawa Tengah tahun anggaran 2018 sampai 2019.

Sementara pada tahun anggaran 2019 ini mempunyai nilai kontrak Rp.14.806.880.000. Sedangkan penggantian jembatan Polaga yang menghubungkan kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang dengan Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, juga di kerjakan selama dua tahun anggaran. Pada tahun anggaran 2019 ini mempunyai nilai kontrak Rp. 12.845.448.000 dengan panjang 140 meter.

Jembatan Kalikeruh yang menghubungkan Desa Medayu di Kabupaten Pemalang dengan Desa Luragung Kabupaten Pekalongan ini merupakan bantuan APBD Propinsi Jawa Tengah ke APBD Kabupaten Pekalongan tahun anggaran 2019. Jembatan yang dikerjakan dengan nilai proyek Rp. 14.662.841.310 mengerjakan jembatan dengan panjang 130 meter, Iebar 8 meter, jalan akses (beton) sepanjang 940 meter, Iebar 6 meter, tebal 25 cm. Dibangun pula jembatan box culvert dua buah dengan Iebar 7 den 8 meter.

Gubernur Jateng meminta masyarakat untuk merawat lingkungan jembatan, seperti tanaman di lingkungan jembatan sehingga terlihat rindang, serta tidak membuang sampah sembarangan.“Buanglah sampah di tempatnya, kelola dengan baik kalau tidak bisa tanya pak bupati”, ujar Ganjar.

Peresmian jembatan ini tentunya diharapkan mampu menaikkan Iaju lalulintas serta kenaikan perekonomian dikedua Kabupaten. Usai meresmikan Gubernur didampingi Bupati Pemalang Junaedi beserta rombongan meninjau jembatan tersebut.(KN)