Ratusan Warga Pemalang Positif HIV/AIDS, Dinkes : Ibu Rumah Tangga sampai Balita

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan warga Kabupaten Pemalang mengidap penyakit seks menular Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Mayoritas para penderita HIV/AIDS di Kabupaten Pemalang itu dalam usia produktif. Namun, ada juga balita berumur 3 tahun yang terinfeksi penyakit menular seksual ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Yulies Nuraya, menuturkan, hingga bulan Agustus 2022 pihaknya mencatat ada 600 warga Kabupaten Pemalang yang positif terinfeksi HIV/AIDS.

“Ya, rata-rata penderitanya usia produktif, jumlah cowo maupun cewe imbang. Kebanyakan sih ibu rumah tangga.” ujarnya, Kamis 1 September 2022.

Tak hanya warga usia produktif, Yulies menyebut, ada juga balita berusia 3 tahun yang positif mengidap HIV/AIDS. “Ada yang umur 3 tahun positif HIV, tapi dia kondisinya masih baik.” jelasnya.

Penyebab tingginya kasus HIV/AIDS pada kaum ibu rumah tangga, kata Yulies, dimungkinkan tertular dari suami. Yulies mengimbau agar para suami menghindari seks bebas.

“Pencegahannya ya jangan jajan sembarangan, pakai kondom, berhubungan seks suami istri yang sehat.” terangnya.

Selama ini Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang juga terus melakukan upaya penanggulangan HIV/AIDS dengan melacak para penderita HIV/AIDS dibantu kelompok-kelompok masyarakat.

“Mereka yang positif mengidap HIV/AIDS kita berikan obat stimulus.” kata Yulies.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini